Home  |   Contact Us
phtestr_101.jpg

Awal perkembangannya pH meter

Sobat saya akan menjelaskan awal perkembangan pH meter itu sendiri? tetapi saya akan menjelaskan pengertian pH meter terlebih dahulu. apa pH meter itu?  pH meter merupakan alat instrumen elektronik yang berguna untuk mengukur kadar pH (keasaman dan alkalinitas) dari sebuah cairan ( terkadang prode khusus bisa digunakan untuk mengukur kadar pH setengah padat). Pada umunya pH meter terdiri dari prode pengukuran khusus (elektroda kaca) yang terhubung oleh meter elektronik yang berfungsi menampilkan dan mengukur hasil pembacaan pada pH.

 

            Prode pH mengukur pH seperti, aktifitas ion ion hidrogen yang mengelilingi dinding bola kaca yang tipis pada ujungnya. Prode ini menghasilkan teganggan yang sangat rendah ( sekitar 0.06 volt per unit pH) yang diukur dan ditampilkan sebagai unit ph yang sudah diperlihatkan oleh meternya.

 

            pH meter pada awalnya dimulai dari alat ukur pen yang sangan murah dan sederhana hingga alat laboratorium yang sangat rumi dan mahal dengan koneksi komputer dan beberapa input untuk indikator (ion-sensitive, redox), elektroda refrensi, dan sensor temperature seperti thermoresistor atau thermocouple. Model yang murah kadang memerlukan pengukuran temperatur untuk menyetel berbagai variasi pH yang disebabkan oleh temperature. Meter khusus dan prode khusus hanya tersedia saat digunakan dalam aplikasi khusus, lingkungan yang keras, dlsb. pH meter pocket memiliki harga yang sangat terjangkau yang secara otomatis mengkompensasi untuk temperatur (ATC, Automatic Temperature Compensation)

 

            pH meter pertama kali di ciptakan pada tahun 1936 oleh Radiometer di Denmark dan Dr.Arnold Orville Beckman di Amerika Serikat. Ketika beckman masihn menjadi asisstant professor kimia di california institute of technology, dia diminta untuk menciptakan metode yang cepat dan tepat untuk mengukur keasaman pada sebuak air jeruk untuk California Fruit Growers Exchange (Sunkist). Gebrakkan beckman membantunya untuk meluncurkan perusahaan beckman instruments (Sekarang menjadi Beckman Coulter). Pada berkisar tahun 2004 pH meter beckman ditunjuk oleh ACS National Historical Chemical Landmark untuk mengenang bahwa alat tersebut sebagai alat pertama kali yang sukses digunakan. Pada tahun 1970 jenco electronik taiwan mendesain dan memproduksii pH meter portable digital pertama. Alat ini di publikasikan atau dipasarkan di bawah label cole-palmer.

 

            Untuk pengukuran yang di persisi pH meter harus dikalibrasi disetiap sebelum dan sesudah pengukuran berlangsung. Untuk penggunaan supaya normal kalibrasi harus digunakan setiap hari. Alasan melakukan hal ini dikarenakan prode elektroda kaca tidak diproduksi e.m.f dalam jangka waktu yang lama. Kalibrasi setidaknya harus melakukan 2 cairan standard buffer solution yang bersesuaian dengan rentang nilai pH yang diukur. Untuk penggunaan buffer pH 4 dan pH 10 diperbolehkan. pH meter memiliki pengontrol pertama (kalibrasi) untuk mengatur pembacaan meter agar sama dengan nilai standard buffer pertama dan pengontrol kedua (slope) yang digunakan menyetel pembacaan meter sama dengan nilai buffer kedua. Pengontrol ketiga untuk men-set temperatur. Sachet standard buffer, bisa didapatkan dari banyak suplier, biasanya menunjukkan bagaimana nilai buffer berubah dengan temperatur/suhu.




Produk Terkait dengan artikel Awal perkembangannya pH meter