Home  |   Contact Us
tabung-reaksi2.jpg

Kegunaan Tabung Reaksi

 

 

Tabung Reaksi adalah wadah yang terbuat dari sejenis kaca atau plastik. Tabung Reaksi ada yang dilengkapi dengan tutup ada juga yang tanpa tutup. Tabung Reaksi disebut juga sebagai Test Tube/Culture tube. Culture Tube itu sendiri adalah tabung reaksi tanpa bibir yang digunakan dalam pembiakan mikroorganisme di medium cair. Kelebihan tabung reaksi ini dapat menahan perubahan temperatur dan tahan terhadap reaksi kimia.

 

Sesuai dengan fungsinya tabung reaksi merupakan tempat dimana kita mereaksikan bahan kimia dalam laboratorium. Alat ini terbuat dari bahan kaca bening sehingga proses reaksi kimia didalam tabung ini dapat terlihat jelas oleh analis. Tabung ini juga mempunyai sifat tahan terhadap panas / api, seperti kita ketahui beberapa percobaan reaksi kimia membutuhkan panas. Beberapa  reaksi yang biasanya menggunakan tabung ini antara lain reaksi oksidasi / reaksi reduksi.

 

Fungsi utam tabung reaksi Antara lain adalah

 

  • Wadah untuk mereaksikan bahan kimia
  • Wadah melakukan reaksi kimia skala kecil
  • Wadah perkembangbiakan mikroba dalam media cair

 

Tabung reaksi tersedia dalam berbagai ukuran baik dari segi panjang dan diameternya, jadi kita harus memastikan penggunaan dari tabung ini sebelum membelinya. Berikut ini adalah beberapa varian panjang tabung ini yaitu 23 ; 12 ; 14 ; 22 ; 15 ; 16 ; 11 centimeter, sedangkan untuk diameternya bervariasi dari 2.2 ; 1 ; 1.2 ; 1.9 ; 1.6  centimeter. Selain dari variasi tersebut, tabung ini tersedia dalam  2  macam juga yaitu ada yang dilengkapi dengan tutup dan tanpa tutup.



Untuk mempermudah pekerjaan di laboratorium, penggunaan tabung reaksi dibarengi dengan penggunaan rak tabung reaksi untuk penjepit tabung reaksi dan sebagai penyangga.

 

Source : www.alatlabor.com




Produk Terkait dengan artikel Kegunaan Tabung Reaksi