Home  |   Contact Us
2009.JPG

Alat Ukur Kadar Garam Terlarut

Alat Ukur Kadar Garam (Salinity Meter) banyak digunakan dalam dunia laboratorium,Pertambangan,Peternakan Ikan dan Industri Makanan maupun miniman.Kami menjual Salt Meter dengan berbagai merk dan tipe sesuai dengan kebutuhan anda.Kami menjual salt meter dengan merk ternama seperti ; merk Horiba,Lutron,Gwon dan Eutech.

 

Salinitas (salt) adalah tingkat keasinan atau kadar garam yang terlarut di dalam air.Kadar garam dalam air dapat di uji dengan menggunakan alat ukur salinitas (Salt Meter).Salt Meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat keasinan (salinitas) suatu cairan.

 

Pada manusia alat ukur keasinan adalah indra perasa kita yaitu lidah,akan tetapi lidah untuk setiap manusia memiliki tingkat sensitive yang berbada.Sebagai contoh,kita ambil air laut dan klita berikan kepada beberapa orang.Hasilnya adalah ada sebagian orang yang mengatakan bahwa air laut itu tidak terlalu asin dan ada sebagian orang yang mengatakan air laut itu sangat asin.

 

Disini dapat kita tarik kesimpulan bahwa indra pengecap manusia tidak bisa menghasilakan pengukuran yang akurat.Oleh karena itu,untuk menghasilkan pengukuran yang akurat kita harus menggunakan alat/instrument yang dibuat khusus untuk mengukur tingkat/kadar garam terlarut.

Salt Meter bekerja berdasarkan dengan daya hantar listrik.Semakin besar daya hantar listrik,makasemakin besar pula tingkat salinitasnya.Salinitas biasa diujikan terhadap air pada danau atau sungai,hal ini untuk mengkategorikan air di sungai atau di danau itu air tawar atau tidak.

 

Selain Salt Meter,kita juga dapat menggunakan Refraktometer sebagai instrument untuk mengukur kadar garam dalam cairan terlarut.Akan tetapi prinsip kerja Refraktometer berbeda dengan salt meter.Refrtaktometer digunakan dengan menggunakan indra penglihatan manusia,yaitu dengan meneropong.Refraktometer memiliki keuntungan yaitu,refraktometer bekerja berdasarakan index bias,dimana indeks bias berubah untuk setiap perubahan brix.




Produk Terkait dengan artikel Alat Ukur Kadar Garam Terlarut