Home  |   Contact Us
36327-2609871.jpg

Uji Stabilitas Produk Dengan Climatic Chamber

Climatic Chamber digunakan untuk menguji stabilitas bahan/zat aktif/eksipien maupun sediaan farmasi bisa berupa  sediaan solid (tablet, granul, serbuk, kapsul), semi solid (salep, krim, gel, pasta, suppositoria) maupun sediaan liquid (larutan, emulsi, suspensi, dll) yang disimpan dalam kondisi RH, suhu dan waktu tertentu. Climatic Chamber bisanya digunakan untuk menguji stabilitas yang dipercepat (accelerated test), misalnya uji dinaikkan suhu penyimpanannya (misal pada suhu 40, 50, 60 derajat C), atau RH yang dinaikkan (misal 75%), uji dengan paparan cahaya (photolysis) atau kombinasi ketiganya. Uji stabilitas yang diamati baik stabilitas secara fisika maupun secara kimiawi.

 

Uji Stabilitas dilakukan setiap sebuah industri mengeluarkan  sebuah produk baru.Hal ini dilakukan setiap kali ada perubahan terhadap proses produksi terhadap hasil produksi.Misalnya Produk baru yang dihasilkan oleh industri menggunakan metode pengolahan baru,Peralatan baru,Perubahan Pengemasan,Peurbahan bahan baku,dll.Uji Stabilitas dilakukan dengan metode mengambil sempel dari produk.Uji Stabilitas ini akan terus dilakukan setiap 12 bulan sekali untuk menjaga kualitas dan mutu dari produk yang dihaslikan.

 

Uji Stabilitas dibagi menjadi dua tahap,yaitu ;

 

1. Uji stabilitas jangka pendek (dipercepat)

Uji stabilitas jangka pendek dilakukan selama 6 bulan dengan kondisi ekstrim (suhu 40±20C dan Rh 75% ± 5%). Interval pengujian dilakukan pada bulan ke – 3 dan ke-6.



2. Uji stabilitas jangka panjang (real time study)

Uji stabilitas jangka panjang dilakukan sampai dengan waktu kadaluwarsa produk seperti yang tertera pada kemasan. Pengujiannya dilakukan setiap 3 bulan sekali pada tahun pertama dan setiap 6 bulan sekali pada tahun kedua. Pada tahun ketiga dan seterusnya, pengujian dilakukan setahun sekali.




Produk Terkait dengan artikel Uji Stabilitas Produk Dengan Climatic Chamber