Home  |   Contact Us
do_meter2.jpg

Penggunaan DO Meter Di Dunia Industri

Alat untuk mengukur kandungan oksigen di dalam air disebut DO meter. DO meter ini dapat diaplikasikan pada banyak kebutuhan baik di dunia industri maupun umum. Berikut adalah penggunaan DO meter pada berbagai bidang:

 Industri Minuman-Minuman Ringan. Berbagai jenis minuman kemasan botol membutuhkan kontrol DO Meter yang sangat baik. Hal ini berkaitan dengan kualitasnya DO Meter, serta keawetan minuman tersebut. Apalagi jenis minuman baru yang saat ini populer dengan kandungan oksigen tinggi, memasukkan oksigen bertekanan tinggi ke dalam air kemasan tersebut agar jumlah oksigen terlarut lebih banyak.

 Kontrol Lingkungan Sekitar. DO meter juga di aplikasikan untuk mengontrol kualitas air pada lingkungan sekitar. Seperti ini berkaitan dengan hubungan antara oksigen terlarut dengan makhluk hidup. Jumlah oksigen yang sangat baik menjamin baiknya kualitas sebuah ekosistem air. Sebuah danau cagar alam misalnya, danau tersebut perlu dimonitorng kandungan oksigen di dalam air agar jumlah ikan dan hewan-hewan lain dapat terus lestari.

 Mengontrol Tambak Ikan. Industri tambak ikan ini memerlukan dua sistem DO, pertama adalah sistem monitoring jumlah oksigen terlarut dan yang keduanya adalah sistem yang menjaga agar jumlah oksigen terlarut stabil pada jumlah tertentu. Sistem DO meter pada tambak ikan tersebut biasanya dilengkapi dengan fasilitas alarm jumlah DO Meter terlalu rendah dan terlalu tinggi. Hal tersebut berhubungan dengan kebutuhan oksigen terlarut di dalam air untuk berbagai jenis ikan. Ikan membutuhkan air dengan DO Meter di atas 3 ppm. Jika di bawah 3 ppm dapat menyebabkan ikan stress. Dan jika di bawah 2 ppm, dapat membunuh beberapa jenis ikan.

 Pengolahan AirPengukuran kandungan oksigen dalam air juga sangat perlu pada sistem pengolahan air minum. Karena hasil pengolahan air tersebut didistribusikan untuk kebutuhan rumah tangga, maka kualitas air sangat penting untuk diperhatikan. Pada sistem sangat dibutuhkan DO meter yang mampu bekerja pada aliran air.

 Pembibitan IkanPada proses pembibitan ikan ini diperlukan beberapa wadah atau tangki yang harus dijaga kualitasnya. Biasanya pada sistem tersebut, injeksi oksigen dilakukan pada air yang sedang disirkulasikan di luar tangki untuk proses filtrasi. Pengukuran DO Meter dilakukan pada setiap tangki secara terpisah, dan biasanya digunakan DO meter yang mempunyai fasilitas yang sangat bagus yaitu alarm peringatan jika kandungan oksigen terlarut terlalu rendah.

 Kandang Air Laut DO meter juga digunakan pada ekosistem  buatan yang menggunakan air laut sebagai habitatnya. Ekosistem tersebut sedikit terisolir dari air laut, sehingga jumlah oksigen terlarut di dalam “kandang” ini perlu untuk dimonitoring. Kolam air laut raksasa semacam Sea World di Ancol Jakarta misalnya, pasti menggunakan DO meter untuk mengontrol jumlah oksigen terlarut yang dibutuhkan oleh berbagai jenis hewan laut yang hidup di dalamnya.

 Pengolahan Air LimbahLimbah air industri apapun wajib melewati proses pengolahan sebelum dibuang kembali ke lingkungan sekitar. Tidak hanya proses filtrasi, namun juga pengembalian kandungan oksigen terlarut juga perlu untuk dilakukan. Injeksi oksigen ke dalam air limbah ini dibutuhkan oleh mikroorganisme baik yang membantu proses pengembalian fungsi air tersebut. Mikroorgansime-mikroorganisme tersebut membutuhkan minimal 0,1-0,3 mg/liter oksigen terlarut. Biasanya, pabrik pengolahan air limbah menjaga jumlah oksigen terlarut di angka 2 mg/liter.

 Mengukur Biochemical Oxygen Demand (BOD)BOD adalah jumlah oksigen terlarut yang dibutuhkan oleh bakteri aerob untuk memecah material organik di dalam air sampel pada jumlah tertentu, temperatur tertentu, serta dalam jangka waktu tertentu. Pengukuran BOD melibatkan dua kali pengukuran dissolved oxygen menggunakan DO meter. Yang pertama dilakukan pada saat sampel air baru saja diambil dari sumbernya. Selanjutnya air sampel tersebut diinjeksi mikroorganisme khusus, dan diinkubasi ke dalam sebuah ruangan bertemperatur konstan 20°C, tidak bercahaya untuk mencegah terjadinya fotosintesis, dan disimpan selama 5 hari. Setelah 5 hari, sampel air diambil untuk dilakukan pengukuran DO yang kedua. Selisih pembacaan DO meter diantara keduanya inilah yang dinamakan BOD.Pengukuran BOD juga penting dilakukan pada proses pengolahan air limbah industri. Karena BOD ikut merepresentasikan layak atau tidaknya air hasil pengolahan limbah untuk kembali menjadi habitat berbagai jenis makhluk hidup.




Produk Terkait dengan artikel Penggunaan DO Meter Di Dunia Industri