Home  |   Contact Us
analytical-balance2.png

Analytical Balance Mengukur Bahan Kimia Tanpa Pengaruh Udara Bebas

Analytical Balnce,Moisture Balance,Moisture Analyzer,Ph Meter,Water Quality Checker,Do Meter,Thermohygrometer,Refraktometer.

Analytical Balance adalah alat kesehatan yang sering digunakan di laboratorium, orang Indonesia biasa menyebut alat ini sebagai timbangan analistis.Alat ini berfungsi sebagai pengukur massa suatu benda dengan akurasi ±0,0001 gram.Analytical Balance atau timbangan analitis sebagai alat untuk menimbang massa suatu bahan kimia secara akurat tanpa adanya pengaruh udara bebas. 

 

Prinsip kerja Analytical Balance yaitu dengan penggunaan sumber tegangan listrik yaitu stavolt dan dilakukan peneraan terlebih dahulu sebelum digunakan, kemudian bahan diletakkan pada neraca lalu dilihat angka yang tertera pada layar, angka itu merupakan berat dari bahan yang ditimbang.

 

Analytical Balance sangat banyak jenisnya, namun tidak semua jenis Analytical Balance dapat dengan mudah ditemukan diIndonesia, beberapa jenis yang mudah ditemukan adalah Metller toledo, Sartorius, The O Hauss, And, Kern, Shimadzu, dan Precise.

 

Cara pengoperasian Analytical Balance sebenarnya cukup mudah yaitu menyalakan alatnya dengan menekan control di layar dan setelah menyala tunggu beberapa detik kemudian akan me-reset ke angka 0.0000.

 

Selanjutnya tempatkan kertas atau benda lainya  ke dalam pan keseimbangan, tutup pintu kaca dan tunggu lampu hijau disebelah kiri, ini ada lampu indicator stabilitas yang berguna untuk menunjukan bahwa berat benda yang stabil dan tekan panel control untuk membatalkan beban kemasan dan layar akan kembali membaca 0.0000.

 

Agar timbangan analistis tersebut memberikan hasil yang akurat, perangkat harus dihangatkan selama minimal 4 jam setelah terpasang untuk pertama kalinya atau setelah pemadaman listrik yang lama. Setelah itu keseimbangan akan mencapai suhu operasi yang diperlukan.

 

Sebenarnya Analytical Balance ini tidak hanya untuk laboratorium tetapi juga dapat digunakan diindustri termasuk industri farmasi, karena perhitungannya yang presisi sehingga akan lebih akurat dalam pengumpulan data.

 


Pengukuran dengan Analytical Balance ini sebenarnya juga mengalami sedikit kendala yaitu, banyak factor yang dapat menyebabkan ketidak tepatan hasil data yang diukur, factor-faktor tersebut diantaranya:

kelembapan suhu, getaran di sekitar tempat mengukur keseimbangan dan sidik jari saat mengangkat wadah.Alat ini juga memerlukan perawatan yang signifikan, berikut contoh perawatan pada alat Analytical Balance:

 

a. Lepaskan kabel power dari sumber listrik.

 

b. Jangan gunakan produk pembersih yang keras (pelarut atau sejenisnya).

 

c. Gunakan kain basah yang dibasahi dengan larutan sabun ringan. Pastikan tidak     ada air masuk peralatan dan usap dengan lembut menggunakan handuk kering.

 

Untuk informasi dan Pemesanan anad bisa menghubungi : 021 8690 6782 (Tia) / 08211 3638 337 (irfan)




Produk Terkait dengan artikel Analytical Balance Mengukur Bahan Kimia Tanpa Pengaruh Udara Bebas