Home  |   Contact Us
moisture_meter2.png

Apa Itu Moisture Meter ?

Jika ditanya seberapa pentingkah alat Moisture Meter ini? Jawabannya ialah sangat penting, karena Moisture Meter berguna untuk mengukur jumlah kandungan air yang terkandung dalam suatu zat.

 


Dari hasil pengukuran tersebut maka kita akan mengetahui apakah bahan sudah siap untuk dipakai atau membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut.Alat ini sangat berguna untuk bidang pertanian, yaitu untuk mengukur kandungan air yang terdapat pada kayu serta biji-bijian seperti jagung, gandum dan tembakau.

 


Kayu yang baru saja dipotong biasanya memiliki lebih dari 80% kadar air, jumlah penyusutan kadar air dalam kayu tergantung dari suatu proses pengeringan, dan pengeringan tersebut bisa menggunakan berbagai jenis Moisture Meter.

 


Jika untuk mengukur kadar air dalam biji-bijian caranya sangatlah mudah, yaitu hanya perlu memasukkan biji-bijian kedalam alat ukur Moisture Meter, lalu setting alat dan hasilnya akan terlihat pada layar LCD, biasanya menggunakan teknik felling yaitu mengandalkan seseorang karena keahlian tersebut (berpengalaman).

 


Dengan berbagai fungsi Moisture Meter sebenarnya alat ini hanya sebagai alat bantu saja yang dijadikan alat simple dan mudah digunakan, dengan nilai akurasi yang berbeda-beda sesuai dengan jenis dan kapasitas alat tersebut.

 


Lalu bagaimana dengan cara kerja Moisture Meter ini? Ada beberapa cara kerja yang dapat dilakukan untuk mengukur jumlah kandungan air yang terkandung dalam suatu zat, diantaranya yaitu :

 

 Termogravimetri :     

Cara ini dilakukan dengan beberapa tahap yakni penimbangan, pengovenan, dan pendinginan hingga diperoleh berat yang konstan.Nilai dari kandungan air yang      ditentukan dapat dilihat dari selisih berat sebelum pemanasan dan sesudahnya.

 

 Konduktometri :     

Nah cara inilah yang dilakukan oleh alat Moisture Meter, yaitu dengan cara elektrik. Teknik pengukuran konduktometri didasarkan pada konduktivitas dan hantaran listrik.     Kadar air akan berbanding linear terhadap kapasitas listrik yang anda ukur.Hantaran Listrik tersebut akan terdeteksi oleh alat yang dinamakan detect.

 

Apakah Anda sudah mengerti dengan penjelasan diatas? Terimakasih atas kunjungan Anda, tadi adalah contoh alat yang kami jual, jika Anda berminat silahkan hubungi kami disini.

 

  • Office : Jl.Radin Inten II No.61A Duren Sawit Jakarta Timur
  • Telp : 021-8690-6782
  • Fax : 021-8690-6781
  • Phone : 0816-1740-8900
  • Email : sales@anm.co.id

 

Tags : Incubator LaboratoriumIncubator Laboratorium BinderContoh IncubatorIncubator labFungsi Incubator LaboratoriumInkubator LaboratoriumDrying Oven Binder ED 23, Kegunaan Incubator, Alat – Alat BiologiGold Meter, Fungsi DesikatorFungsi Moisture MeterDesiccator Auto DryDissolved Oxygen MeterOven Binder, Fungsi DensimeterFungsi MED-01 Medical Packaging Tester labthinkLarutan BufferFungsi IncubatorGold TesterTimbangan LaboratoriumPreparat Mikroskop, Quick Digital Gauge, laquatin water quality checkerFungsi AutoclaveThermohygrometerAuto tensile testerLaboratory spatulaAmonium AsetatPH MeterWater BathWater Vapor RateThickness TesterClimatic ChamberApa itu PiknometerPengukuran Air Permeabilitas UapCara menggunakan Oven BinderSalt meter




Produk Terkait dengan artikel Apa Itu Moisture Meter ?