Home  |   Contact Us
amonium_karbamat.jpg

Kegunaan Karbon Aktif

Karbon aktif, atau batubara diaktifkan, adalah bentuk karbon diproses untuk memiliki kecil, volume rendah pori-pori yang meningkatkan luas permukaan yang tersedia untuk adsorpsi atau reaksi kimia. diaktifkan kadang-kadang diganti dengan aktif.


Karena tingkat tinggi dari microporosity, hanya satu gram karbon aktif memiliki luas permukaan lebih dari 500 m2 (5.400 sq ft), sebagaimana ditentukan oleh adsorpsi gas.  Sebuah tingkat aktivasi cukup untuk aplikasi yang berguna dapat diperoleh semata-mata dari luas permukaan yang tinggi; Namun, perlakuan kimia lebih sering meningkatkan sifat adsorpsi.

 

Fungsi Karbon aktif  dalam industri

karbon aktif digunakan dalam pemurnian gas, dekafeinasi, pemurnian emas, ekstraksi logam, pemurnian air, obat-obatan, pengolahan limbah, filter udara di masker gas dan respirator, filter udara terkompresi dan banyak aplikasi lainnya.

 

 

Fungsi Karbon aktif  dalam medis

Karbon aktif digunakan untuk mengobati keracunan dan overdosis berikut konsumsi oral. Hal ini tidak efektif untuk sejumlah keracunan termasuk asam kuat atau alkali, sianida, besi, lithium, arsenik, metanol, etanol atau etilena glikol.

 

Tablet atau kapsul dari karbon aktif digunakan di banyak negara sebagai obat over-the-counter untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, dan perut kembung.

Arang aktif

Karbon aktif umumnya digunakan pada skala laboratorium untuk memurnikan solusi dari molekul organik yang mengandung kotoran organik berwarna yang tidak diinginkan.