Home  |   Contact Us
asam-benzoat.jpg

Manfaat Asam Benzoat untuk Makanan

Asam benzoat, C7H6O2 (atau C6H5COOH), adalah kristal berwarna solid dan asam karboksilat aromatik sederhana. Nama ini berasal dari gusi benzoin, yang untuk waktu yang lama sumbernya hanya dikenal. asam benzoat terjadi secara alami di banyak tanaman [8] dan berfungsi sebagai perantara dalam biosintesis banyak metabolit sekunder. Garam dari asam benzoat digunakan sebagai pengawet makanan dan asam benzoat merupakan prekursor penting untuk sintesis industri banyak zat organik lainnya. Garam dan ester asam benzoat dikenal sebagai benzoat.

 

Meskipun asam benzoat digunakan dalam kosmetik, pewarna, plastik dan penolak serangga, hal ini paling sering termasuk dalam produk makanan sebagai pengawet. Penyebutan awal dari asam benzoat muncul dari abad ke-16. substansi menerima namanya dari gusi benzoin, tanaman dari yang resin pertama kali diturunkan. Pada abad ke-19, asam benzoat disintesis dari tar batubara. Hari ini dibuat dari toluena, produk sampingan minyak bumi.

 

Ada beberapa kekhawatiran bahwa benzoat ditambahkan ke beberapa jenis minuman ringan mungkin menghasilkan benzene, karsinogen berbahaya dan polutan lingkungan. paparan benzena biasanya berasal dari menghirup asap knalpot, tetapi juga dapat dihasilkan dari interaksi asam benzoat dan asam askorbat, prekursor vitamin C. pH minuman, suhu di mana itu disimpan dan sejauh mana paparan sinar UV semua dapat mempengaruhi sejauh mana benzena diproduksi. Data saat ini, bagaimanapun, tidak cukup untuk menunjukkan andal apakah benzena terbentuk sebagai hasil dalam interaksi askorbat dan asam benzoat dalam produk umum.