Home  |   Contact Us
Chlorine_meter.jpg

Mengenal dekat Chlorine Meter

Apa Itu Chlorine Meter ?

 

Chlorin Meter adalah alat untuk mengukur jumlah klorin yang terdapat dalam cairan dengan satuan PPM. Kemunculan alat ukur digital ini telah memberi kemudahan pada aplikasi pengukuran kadar klorin yang berada di luar ruangan. Jika kita banyak menemukan metode pengukuran untuk unsur klorin di laboratorium, maka begitu simpelnya alat ini bisa menggantikan metode-metode yang ada tersebut. Proses pengukuran pun menjadi lebih simple, mudah, cepat dan hasilnya lebih akurat.

 

Kegunaan Chlorine Meter

 

Aplikasi penggunaan Chlorin Meter banyak digunakan untuk pengukuran kualitas air bersih, air untuk kolam perikanan, kolam renang, bidang pertanian, kondisi akuarium, air minum dan sebagainya. Semua hal yang berkaitan dengan menentukan kadar klorin di dalam air menjadi lebih simple dan lebih cepat dengan adanya Chlorin Meter.

 

Chlorine Meter pada cairan yang mempunyai peranan sangat penting bagi kehidupan seperti pada air minum , unsur kimia dengan simbol Cl dan nomor atom 17. Klorin adalah pada kelompok halogen (17) dan merupakan halogen ringan kedua setelah fluor. Unsur merupakan gas kuning-hijau di bawah kondisi standar, dimana itu membentuk molekul diatomik. Klorin memiliki afinitas elektron tinggi dan elektronegativitas tertinggi ketiga dari semua elemen reaktif. Klorin bebas jarang terdapat di Bumi, dan biasanya akibat oksidasi langsung atau tidak langsung oleh oksigen.Prinsip Kerja Chlorine MeterPrinsip kerja dari alat ini adalah absorpsi dari sampel berwarna yang digunakan. Energi dalam jumlah panjang gelombang tertentu akan diserap saat melewati sampel. Selanjutnya fotometer akan mengukur transmisi atau penyerapan cahaya terhadap panjang gelombang. Kemudian microprocesor yang terdapat pada fotometer akan menghitung konsentrasinya dan langsung menampilkan hasilnya.

 

Keuntungan dan Kelemahan Chlorine Meter

 

Keuntungan :Penggunaan Chlorin Meter ini sangat menguntungkan banyak hal dibandingkan  menggunakan metode konvensional di laboratorium untuk mengukur jumlah klorin pada sampel yang akan diuji. Bentuk alat ukur ini cukup kecil sehingga mudah dibawa dan digunakan. Waktu ukurnya pun cukup cepat, dalam beberapa detik saja sudah bisa membaca hasil angkanya. Sehingga bisa banyak berhemat dalam hal waktu, biaya, dan pastinya resiko terjadinya kesalahan akan semakin kecil.

 

Kelemahan : Namun demikian karena Chlorin Meter merupakan alat digital yang sangat rentan terganggu akursinya, harus benar-benar dirawat dan dijaga penggunaannya. Sebaiknya digunakan pada saat turun ke lapangan agar bisa dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya.




Produk Terkait dengan artikel Mengenal dekat Chlorine Meter