Home  |   Contact Us
csm_HPP750_Geschlossen_shadow_57e789878b.png

Climatic Chamber Memmert

 

Climatic Chamber adalah alat laboratorium yang berfungsi untuk uji  stabilitas bahan/zat aktif/eksipien dan sediaan farmasi berupa tablet, granul, serbuk, kapsul), yang disimpan dalam kondisi RH, suhu dan waktu tertentu. 

 

Climatic Chamber umumnya digunakan untuk  uji stabilitas dalam(accelerated test), yaitu pengujian naikkan suhu penyimpanannya (misal pada suhu 40, 50, 60 derajat C), atau RH yang dinaikkan (misal 75%) atau uji dengan paparan cahaya (photolysis) atau kombinasi ketiganya.

 

Uji Stabilitas dilakukan dalam setiap  industri saat mengeluarkan  produk baru untuk menjaga kualitas dan mutu dari produk yang dihaslikan. Uji Stabilitas dilakukan dengan metode mengambil sempel dari produk.

 

Contohnya ada produk baru yang dihasilkan, industri menggunakan metode pengolahan baru dan peralatan baru, perubahan pengemasan, perubahan bahan maka bahan harus di uji dahulu.

 

Uji Stabilitas dibagi menjadi dua tahap, yaitu ;

 

1. Uji stabilitas jangka pendek (dipercepat).

Uji stabilitas jangka pendek dilakukan selama 6 bulan dengan kondisi ekstrim (suhu 40±20C dan Rh 75% ± 5%). Interval pengujian dilakukan pada bulan ke – 3 dan ke-6.

 

2. Uji stabilitas jangka panjang (real time study).

Uji stabilitas jangka panjang melalui waktu kadaluwarsa produk yang tertera di kemasan. Pengujiannya dilakukan setiap 3 bulan sekali pada tahun pertama dan setiap 6 bulan sekali pada tahun kedua. Pada tahun ketiga dan seterusnya, pengujian dilakukan setahun sekali.

 

Misalkan untuk produk yang memiliki ED hingga 3 tahun pengujian dialkukan pada bulan ke-3, 6, 9, 12, 18, 24 dan 36. Sedangkan produk yang memiliki ED selama 20 bulan akan diuji pada bulan ke-3, 6, 9, 12, 18 dan 20.Untuk uji stabilitas jangka panjang, sampel disimpan pada kondisi:

 

  • Ruangan dengan suhu 30+-20C dan Rh 75+-5% untuk menyimpan produk-produk dengan klaim penyimpanan pada suhu kamar.

 

  • Ruangan dengan suhu 25+-20C dan Rh 75+-5% untuk menyimpan produk-produk dengan klaim penyimpanan pada suhu sejuk.

 

Ruangan untuk uji stabilitas dibagi menjadi empat bagian, yaitu:

a) Ruangan dengan suhu 40±20C dan Rh 75% ±5%

b) Ruangan dengan suhu 30±20C dan Rh 75 %±5%

c) Ruangan dengan suhu 25±20C dan Rh 40% ±5 %

d) Ruangan dengan suhu 40±20C dan Rh ≤ 35%

 

Anugrah niaga mandiri hadir untuk menyediakan peralatan dan instrumen laboratorium mikrobiologi terbaik termasuk desikator laboratorium dengan brand unggulan. Fokus kami bukan hanya pada penjualan saja tetapi juga meliputi purna jual seperti perawatan dan perbaikkan serta sparepart original.

 

Our Office

:

Jl. Radin Inten II No. 61A Duren Sawit

Phone

:

+62 816-1740-8900 / +62 821-1076-5187

Fax

:

(021) 8690 6781

E-mail

:

sales@anm.co.id - anugrah.niaga.mandiri@gmail.com

Website

:

http://www.anm.co.id

     

 

Tags : Tips merawat mikroskopMikroskop Stereo,  Preparat MikroskopFungsi dan bagian bagian mikroskopPreparat BiologiPreparat ZoologiPreparat BotaniPreparat Mitoses dan MiosesPreparat ParasitologiPreparat HistologiPreparat MikrobiologiPreparat Cell BiologiPreparat EmbriologiCara merawat MikroskopMikroskop StereoPreparat UniversitasMikroskop Disgital, Preparat BotaniPreparat HistologiFungsi Pipet TetesBagian Mikroskop Binokuler Beserta Fungsinya, Kelebihan Dan Kekurangan Mikroskop Digital, Mikroskop stereo berguna untuk melihat suatu dengan realistis gambar tiga dimensi dari seluruh objek, Mikroskop stereo, mikroskop binokuler, pengertian mikroskop, Cara Menggunakan Mikroskop&Perawatan Mikroskop, Apa itu Mikroskop Stereo?,  Sejarah Penemuan Mikroskop, Manfaat dari Mikroskop Siswa, Kenali Mikroskop Anda?,  Penemu Mikroskop Resolusi Tinggi Menangi Nobel Kimia, Sejarah Mikroskop part 1,  Sejarah Mikroskop Part II, Mengenal Mikroskop Elektron, Indonesia dapat Hibah 5 microscope seharga 5 Milyar !!, Mengenal Preparat secara Garis Besar, Cara Membuat dan Mengamati Preparat Mikroskop, Mengenal Preparat Mikroskop, Apa sih mikroskop stereo itu ?,   Cara Menggunakan Mikroskop Siswa, Ciri-Ciri Mikroskop Cahaya, Jenis – Jenis Mikroskop, Cara merawat Mikroskop, Mengenal bagian – bagian Mikroskop ?,  Mendeteksi Bakteri Mikroskop Solusinya




Produk Terkait dengan artikel Climatic Chamber Memmert