Home  |   Contact Us
HTB165jpu_XYBeNkHFrdq6AiuVXa0.jpg_350x350_.jpg

Desikator laboratorium adalah

 

 

Desikator laboratorium adalah alat gelas laboratorium berbentuk panci/wadah yang terbuat dari bahan kaca/gelas susun, berfungsi menghilangkan air dan kristal hasil pemurnian. Alat ini mengandung zat pengering yang berfungsi mengeringkan zat-zat lainnya.

 

Zat-zat apa saja yang terkandung dalam Desikator?

Zat pengering yang terdapat pada desikator ialah asam sulfat pekat, kalsium klorida atau gel silika yang dapat juga menyimpan zat dalam keadaan kering.

 

Desikator terdiri dua bagian, pada bagian bawah terdapat gel silika yang berfungsi sebagai zat penguap uap air dan dibagian atas sebagai tempat pengering bahan yang diuapkan.

 

Mengapa bahan yang sudah dikeringkan harus di simpan di Desikator?

Difungsikan untuk memperthankan kelembaban bahan yang peka terhadap udara lembab. Jika bahan yang dikeringkan terkena lembab maka otomatis kadar air bahan akan meningkat, sehingga direkomendasikan untuk dikeringkan kembali pada desikator. Penutup pada desikator umumnya berbahan kaca dan berbobot berat ini difungsikan untuk mencegah masuknya uap air kedalam ruang desikator.

 

Macam Tipe pada Desikator

Secara umum, desikator terdiri dari dua tipe, Yaitu: Desikator biasa dan Desikator Vakum. Desikator vakum adalah desikator yang mampu mempertahankan kelembapan rendah pada tekanan tidak lebih dari 20 mmHg atau pada tekanan lain yang ditetapkan dalam monografi. Desikator Vacum pada bagian tutupnya ada katup yang bisa dibuka tutup, yang dihubungkan dengan selang ke pompa.

 

Cara Menggunakan Desikator

  • Membuka tutup tutup desikator / eksikator dengan cara menggesernya,
  • Letakkan alat / bahan dari oven yang hendak didingikan atau dikeringkan kedalam desikator / eksikator.
  • Setelah alat/ bahan masuk kedala eksikator / desikator, tutup kembali penutup dengan cara menggesernya kembali.
  • Tunggu beberapa saat sampai alat/ bahan sudah dingin dan bebas air,buka kembali seperti langkah nomor 1
  • Jika dilakukan penimbangan akan diperoleh bobot yang stabil ( tidak terpengaruh air)

 

anugrahniagamandiri hadir untuk menyediakan peralatan dan instrumen laboratorium mikrobiologi terbaik termasuk desikator laboratorium dengan brand unggulan dari Sanplatec, Jepang. Fokus kami bukan hanya pada penjualan saja tetapi juga meliputi purna jual seperti perawatan dan perbaikkan serta sparepart original produk dari Sanplatec.

 

Our Office

:

Jl. Radin Inten II No. 61A Duren Sawit

Phone

:

+62 816-1740-8900 / +62 821-1076-5187

Fax

:

(021) 8690 6781

E-mail

:

sales@anm.co.id - anugrah.niaga.mandiri@gmail.com

Website

:

http://www.anm.co.id

     

 

Tags : Tips merawat mikroskopMikroskop Stereo,  Preparat MikroskopFungsi dan bagian bagian mikroskopPreparat BiologiPreparat ZoologiPreparat BotaniPreparat Mitoses dan MiosesPreparat ParasitologiPreparat HistologiPreparat MikrobiologiPreparat Cell BiologiPreparat EmbriologiCara merawat MikroskopMikroskop StereoPreparat UniversitasMikroskop Disgital, Preparat BotaniPreparat HistologiFungsi Pipet TetesBagian Mikroskop Binokuler Beserta Fungsinya, Kelebihan Dan Kekurangan Mikroskop Digital, Mikroskop stereo berguna untuk melihat suatu dengan realistis gambar tiga dimensi dari seluruh objek, Mikroskop stereo, mikroskop binokuler, pengertian mikroskop, Cara Menggunakan Mikroskop&Perawatan Mikroskop, Apa itu Mikroskop Stereo?,  Sejarah Penemuan Mikroskop, Manfaat dari Mikroskop Siswa, Kenali Mikroskop Anda?,  Penemu Mikroskop Resolusi Tinggi Menangi Nobel Kimia, Sejarah Mikroskop part 1,  Sejarah Mikroskop Part II, Mengenal Mikroskop Elektron, Indonesia dapat Hibah 5 microscope seharga 5 Milyar !!, Mengenal Preparat secara Garis Besar, Cara Membuat dan Mengamati Preparat Mikroskop, Mengenal Preparat Mikroskop, Apa sih mikroskop stereo itu ?,   Cara Menggunakan Mikroskop Siswa, Ciri-Ciri Mikroskop Cahaya, Jenis – Jenis Mikroskop, Cara merawat Mikroskop, Mengenal bagian – bagian Mikroskop ?,  Mendeteksi Bakteri Mikroskop Solusinya

 




Produk Terkait dengan artikel Desikator laboratorium adalah