Home  |   Contact Us
20754-5024015.jpg

Mikroskop Elektron

 

 

Apa itu SEM (Scanning Electron Microscope)?


Mikroskop elektron merupakan salah satu jenis mikroskop yang memanfaatkan energi dari elektron untuk karakteristik suatu bahan. Fleksibilitas dan resolusi spasial yang sangat tinggi menjadikannya alat yang ampuh untuk banyak aplikasi.

 

Ada dua jenis mikroskop elektron yang sering kita dengar yaitu Transmission Electron Microscope (TEM) dan Scanning Electron Microscope (SEM). Pada artikel ini kita akan focus membahas salah satunya yaitu Scanning Electron Microscope (SEM).

 

Defenisi SEM (Scanning Electron Microscope)

 

Scanning Electron Microscope (SEM) adalah mikroskop elektron yang digunakan untuk melihat permukaan citra suatu bahan, selain itu juga dapat memberikan informasi terkait komposisi kimia dalam suatu bahan, baik bahan konduktif maupun bahan non konduktif. 

 

Kemampuan ini lah yang membuat SEM banyak digunakan untuk keperluan penelitian dan industri. Mikroskop ini menggunakan elektro magnetik dan elektro statik untuk mengontrol cahaya yang masuk dan penampakan gambar yang dihasilkan. SEM memiliki Field view (FOV) yang besar, bisa melakukan pembesaran objek hingga satu sampai dua juta kali, namun juga menjamin resolusi gambar yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan mikroskop cahaya.

 

Ada banyak model SEM yang memiliki konfigurasi berbeda mengenai sistem vakum, ukuran ruang, detektor dan resolusi. Phenom adalah desktop SEM yang di desain untuk kualitas tinggi dari pengambilan gambar mikroskop, kecepatan waktu loading dan pengambilan gambar yang tidak tertandingi. dan dapat ditempatkan dimana saja-compact design.

 

Phenom desktop SEM merupakan mikroskop electron serbaguna yang hanya membutuhkan ruang dan perawatan yang lebih sedikit dibandingkan SEM floor Model. Phenom desktop SEM dapat diakses oleh siapa saja dari professional hingga academia dan digunakan untuk banyak aplikasi termasuk earth science, elektronik, forensik, industry manufacturing, life science, dan materials science.

 

Baca Juga :

 

Bagian-Bagian Penting SEM Beserta Fungsinya


· Sistem Vacuum

Tanpa vacuum yang cukup dalam SEM, berkas electron akan sulit control atau dihasilkan.

· Sumber Electron

Mampu membuat dan mempercepat electron yang dibutuhkan agar hasilnya bisa lebih baik dibandingkan teknologi lainnya.

· Column

Berguna untuk memasang lensa yang dipakai saat sedang meneliti suatu bahan kimia ataupun zat yang ada.

· Stage

Memiliki fungsi utama untuk memindahkan sample dan membawanya menuju berkas electron.

· Detector System

Berfungsi untuk mengumpulkan electron bergantung pada jenis interaksinya dengan sample.

· System Electronic

Memiliki fungsi untuk menggerakkan semua perangkat yang ada sesuai dengan fungsinya.

· Software

Berfungsi untuk menyederhanakan system pengoperasian pada SEM.

 

Prinsip Kerja Pada SEM.

Pada SEM, sampel di posisikan dibagian bawah kolom electron dan electron pada sampel terpencar (kembali terpencar atau sekunder) ditangkap oleh detector electron. Photomultipliers kemudian digunakan untuk mengubah sinyal voltase, yang diperkuat dan memunculkan gambar pada layar PC.

 

Produk Mutakhir Untuk SEM

Jika Anda berpikir kalau SEM pada saat ini masih hanya terbatas dari segi mikroskopnya saja, sekarang sudah ada teknologi terbaru sekaligus mutakhir untuk menunjang penggunaan SEM.

Hal ini juga berbanding lurus dengan poin Software yang telah dibahas sebelumnya. Untuk bagian software tersendiri, sekarang sudah ada produk desktop untuk SEM sehingga hasil yang ditampilkan bisa lebih mudah diolah.

Ada empat produk SEM untuk desktop, yaitu Phenom Pro Desktop SEM, Phenom ProX Desktop SEM, Phenom Pure Desktop SEM, dan Phenom Pharos Desktop SEM, dan Phenom XL Desktop SEM. Masing-masing produk di atas memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Semuanya dibahas secara rinci dan jelas di bawah ini.

 

1. Phenom Pro Desktop SEM

Phenom Pro Desktop SEM memiliki tajuk Fast and Excellent Imaging on a Desktop SEM yang berbanding lurus dengan teknologi yang mereka tawarkan untuk SEM. Sistem yang efektif dan menjadikan gambar dari hasil mikroskop sebagai menu utama.

 

Phenom Pro menawarkan kemudahan di dalam menggunakannya dan penggunaannya pun bisa dilakukan dengan cepat karena software yang ada di dalam desktop SEM ini sudah mumpuni.

 

2. Phenom ProX Desktop SEM

Phenom ProX Desktop SEM yang memiliki tajuk The High Performance Desktop SEM ini menyimpan kelebihan yang berbeda dibandingkan produk lainnya yang sudah ada saat ini.

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Phenom ProX yaitu perbesaran hingga 150.000x, pengumpulan data yang tertata rapi berkat step-by-step data collection, lalu ada elemental mapping and line scan yang memunculkan visualisasi dari masing-masing elemen dalam sampel, dan secondary electron detector yang menunjang gambar yang dihasilkan menjadi lebih bagus, detil, sekaligus tajam.

 

3. Phenom Pure Desktop SEM

Phenom Pure Desktop SEM yang memiliki tajuk Basic SEM for High Resolution Images ini sudah terlihat jelas memiliki keunggulan di bagian mana. Ya, Phenom Pure memiliki keunggulan paling terbesar dari segi resolusi gambar hasil penelitian bahan atau zat sampel tersebut.

Hasil gambar yang dihasilkan dan ditransfer ke dalam desktop tersebut sudah pasti sangat detil dan mampu menangkap setiap sisi dari sampel. Cara penggunaan yang mudah juga pasti membuat Anda lebih nyaman saat menggunakannya.

 

4. Phenom Pharos Desktop SEM

Phenom Pharos Desktop SEM yang memiliki tajuk The Faster, Higher-Resolution Desktop SEM, sumber Field Emission Gun (FEG) memberikan hasil gambar dengan kualitas tinggi dan cepat, keunggulan lainnya dengan Phenon Pharos Desktop SEM ini dapat memberikan perbesaran sampai satu juta kali, tidak main-main apa yang dicitrakan dari tajuk yang ada. Ya, Phenom Pharos bisa dibilang menjadi paket desktop SEM paling lengkap saat ini.

Dengan keunggulan dari segi tampilan gambar yang paling tajam serta mudah sekaligus cepat ketika digunakan oleh siapapun, Phenom Pharos bisa menjadi pilihan paling terbaik untuk Anda saat ini dalam menggunakan SEM.

 

5. Phenom XL Desktop SEM

Phenom XL Desktop SEM mendorong batas kinerja SEM desktop yang ringkas, terbukti dengan penggunaan yang mudah dan pengambilan gambar dalam waktu yang cepat. Juga dilengkapi ruang yang memungkinkan analisis sampel besar hingga 100mm x 100mm. Dilengkapi dengan compact motorized stage memudahkan penggunaan untuk scan sampel secara penuh, juga hanya membutuhkan sedikit ruang tanpa fasilitas tambahan lainnya.

 

Selain itu, semua produk kita ini dilengkapi dengan Phenom ProSuite yang merupakan software optional yang dapat memberikan informasi lebih banyak serta program tambahan lainya seperti Automated Image Mapping Remote User Interface, 3D Roughness Reconstruction, FiberMetric, ParticleMetric, dan PoroMetric.

 

Sumber : dynatech-int com

 

Semoga artikel di atas bisa bermanfat, jika Anda membutuhkan mikroskop dan alat laboratorium lainnya silahkan hubungi kami disini.

 

Office  : Jl.Radin Inten II No.61A Duren Sawit Jakarta Timur

Email  : sales@anm.co.id

Telp  : 0816-1740-8900 / (021)-8690-6782

Fax  : (021)-8690-6781

 

 




Produk Terkait dengan artikel Mikroskop Elektron