Home  |   Contact Us
1Kern_EW_6200-2NM.jpg

Jual Timbangan Analitik Kern EW 6200-2NM

 

Apa itu timbangan analitik?


Apa fungsi timbangan analitik?

 

Apa fungsi timbangan analitik? Mungkin belum semua orang mengetahuinya apa fungsinya. Begitu juga dengan cara menggunakannya. Hal ini karena bentuk dan fitur timbangan analitik yang berbeda dengan timbangan umumnya. Di dalam laboratorium timbangan analitik digunakan untuk menimbang bahan dengan skala atau kuantitas yang sangat kecil.

 

Apa itu timbangan analitik?

Pengertian dan Jenis-Jenis Timbangan Analitik

Timbangan analitik atau neraca analitik adalah alat laboratorium yang berfungsi untuk menimbang massa suatu benda atau bahan kimia dalam skala ukuran miligram.

 

Timbangan ini juga dikenal dengan nama timbangan miligram. Timbangan analitik juga sering digunakan oleh pemilik toko emas untuk menimbang berat emas.

 

Bahkan hembusan angin juga bisa mempengaruhi berat dari benda yang ditimbang. Oleh karena itu, biasanya timbangan analitik juga dilengkapi dengan lapisan kaca agar udara di sekitarnya tidak akan mempengaruhi gerak angka pada timbangan. Timbangan ini sangat cocok digunakan oleh para peneliti atau petugas farmasi dalam melaksanakan tugasnya.


Kelebihan Timbangan Analitik

 

- Kelebihan timbangan ini ada pada tingkat ketelitian yang sangat tinggi bahkan, timbangan ini bisa sampai ketelitian 3 atau 4 digit di belakang koma.

 

- Keakuratan timbangan analitik cocok digunakan dalam dunia farmasi, karena meracik sebuah obat dibutuhkan takaran ukuran yang akurat dan presisi berdasarkan aturan dosis, apabila ada kelebihan atau kurang sedikit saja, akan berakibat fatal untuk  pemakainya.

 

Dilihat dari sumber daya yang digunakan, timbangan analitik ini dapat dibedakan menjadi dua jenis.

 

  • Pertama, timbangan analitik digital yang cara pengoperasiannya dilakukan  otomatis dengan memanfaatkan sumber daya listrik.
  • Kedua, timbangan analitik analog yang cara pengoperasiannya dilakukan secara manual tanpa menggunakan sumber daya listrik. Masing-masing pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri.

 

Cara Kerja Timbangan Analitik

Bentuknya yang unik, pastinya mempunyai cara kerja yang berbeda dengan timbangan pada umumnya. Hanya saja, secara umum menggunakan timbangan analitik digital lebih mudah dibanding yang analog. Untuk mendapatkan ukuran yang akurat, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini dalam menggunakan timbangan analitik :

  1. Letakkan piringan di atas timbangan.
  2. Tekan tombol “tare” agar bobot piringan nol.
  3. Buka salah satu kaca pada timbangan.
  4. Letakkan bahan kimia akan diukur bobotnya di atas piringan tersebut. Gunakan alat bantu saat meletakkan bahan kimia tersebut karena meletakkan dengan tangan, debu yang ada pada tangan akan mempengaruhi berat bahan tersebut.
  5. Tekan tombol yang ada pada timbangan dan unggu angka yang tertera hingga 4 digit di belakang koma.
  6. Bersihkan timbangan dengan sikat pembersih agar sisa bahan kimia tidak tertinggal yang akan mempengaruhi keakuratannya saat melakukan timbangan berikutnya.

 

Untuk mengoptimalkan pekerjaan terutama melakukan pengukuran massa, diperlukan timbangan yang memumpuni untuk menunjang hal tersebut. Salah satu timbangan yang berkualitas untuk digunakan adalah Kern EW 6200-2NM, kelebihan timbangan ini adalah Timbangan presisi 6200 gr ketelitian 0.01.

 

Product Overview

Spesifikasi dan features :

* Kapasitas : 6200 gram

* Ketelitian : 0.01 gram

* Dimensi weighing plate : WxD = 180x160 mm

* Eksternal kalibrasi

* Dapat menghitung total pcs yang ditimbang 

 

Kami menjual berbagai alat laboratorium berkualitas dengan harga terjangkau. Ayo segera dapatkan harga spesial dari Kami.

 

Our Office : Jl. Radin Inten II No. 61A Duren Sawit
Phone : (021) 8690 6782, 0816 1740 8900
Fax : (021) 8690 6781
E-mail : sales@anm.co.id - anugrah.niaga.mandiri@gmail.com
Website : http://www.anm.co.id



Produk Terkait dengan artikel Jual Timbangan Analitik Kern EW 6200-2NM