Home  |   Contact Us
17268-coronavirus-virus-corona-virus-korona.jpg

Apa Itu Virus Korona?

 


Masyarakat dunia sedang di guncang oleh serangan virus corona atau corona virus, virus ini sudah menyebar ke beberapa negara di dunia. Negara yang telah mengindikasi adanya infeksi coronavirus, sudah meningkatkan pengamanan dan upaya pencegahan masuknya virus.

 

Apa itu virus corona?

 

Koronavirus atau virus corona adalah virus dari familia Coronaviridae yang dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia termasuk manusia itu sendiri.

 

Struktur tubuh virus (virion) ini terdiri dari membran, selubung lipid bilayer (envelope), glikoprotein yang menyerupai paku (spike), genom RNA positif, dan protein nukleokapsid. Glikoprotein koronovirus dapat berikatan dengan glikoprotein permukaan sel inang secara spesifik untuk memulai terjadinya infeksi.

 

Koronavirus diklasifikasikan menjadi tiga golongan utama :

  • golongan 1 dan 2 bisa menjangkit mamalia : kelelawar sampai manusia
  • golongan 3 hanya menjangkit spesies avian (burung).

 

Infeksi virus ini bisa menimbulkan gejala bervariasi dari hampir tidak timbul gejala apapun sampai gejala yang fatal dan cepat. Infeksi koronavirus dapat menyebabkan penyakit serius, seperti : bronkitis, ensefalitis, gastroenteritis, dan hepatitis.


Dikutip dari Web MD, coronavirus adalah virus umum yang umumnya tidak berbahaya. Virus corona pada dasaranya hanya menginfeksi hidung, sinus, dan tenggorokan bagian atas. Tapi dalam beberapa kasus infeksi jenis virus corona ternyata bisa berdampak serius.

 

Virus corona sudah mengakibatkan kurang-lebih 585 kematian akibat Middle East respiratory syndrome (MERS), yang muncul pertama kali pada 2012 di Arab Saudi. Dan pada 2003, corona virus menyebabkan 774 kematian akibat Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

 

Pada akhir Januari 2020, WHO mengindentifikasi 2019-nCoV di China, sudah ada sekitar 300 kasus yang teridentifikasi di China. Tiap negara telah menyiapkan upaya pencegahan dan pengamanan, namun virus corona tetap mampu menyebar ke seluruh dunia.

Ciri - ciri virus corona

Virus corona atau corona virus pertama kali diidentifikasi pada 1960, tapi tidak diketahui asal - usul virusnya. Nama corona virus diberikan karena bentuknya yang mirip mahkota. Pada beberapa kasus, virus corona bisa menginfeksi hewan sekaligus manusia.

 

Umumnya virus corona menyebar layaknya virus influenza kebanyakan. Coronavirus ini bisa menyebar melalui udara yaoitu saat orang yang terjangkit batuk atau bersin di udara bebas. Diperkirakan penyebaran bisa terjadi lewat sentuhan tangan, wajah, dan alat atau bagian benda yang umum disentuh oleh manusia.

 

Tiap orang mungkin pernah terinfeksi corona virus atau virus corona sedikitnya sekali. Di Amerika, infeksi coronavirus biasa terjadi pada musim dingin dan gugur. Infeksi biasa terjadi pada anak-anak, namun siapa saja bisa terkena coronavirus.

 

Penyebaran virus corona

Infeksi virus corona sekarang semakin menyebar hingga ke-13 negara ke seluruh dunia.

Negara berikut meliputi :

  • China,
  • Jepang,
  • Prancis,
  • Australia,
  • Amerika Serikat,
  • Kanada,
  • Nepal,
  • Singapura,
  • Malaysia,
  • Korea Selatan,
  • Thailand,
  • Taiwan, dan
  • Vietnam.

 

 

Dikutip dari detik inet, pernyataan dari John Hopkins University di Amerika mengembangkan peta digital yang berfungsi memantau penyebaran virus corona 2019-nCoV di dunia. Peta ini dikembangkan oleh Center for System Science and Engineering (CSSE) dan termasuk peta real time.

 

Peta bisa diakses di https://gisanddata.maps.arcgis.com/. Titik berwarna merah bisa diklik untuk melihat info kasusnya. Jika makin besar titiknya maka banyak terjadiny infeksi virus corona di lokasi itu.

 

Cara Pencegahan Virus Corona.

 

Saat ini sebenarnya belum jelas penyebab darimana virus ini berasal dan bagaimana virus ini menyebar, masih banyak  berita - berita yang belum valid yang berseliweran di berbagai media. Salsah satu langkah baik adalah dengan menjaga kebersihan, kesehatan dan pola makan Kita sehari - hari.

 

Cara pencegahan mudah untuk virus korona berupa :

 

  • Berusaha pencegahan kebersihan dengan cuci tangan pakai air dan sabun hinga bersih.
  • Menggunakan masker, penutup kepala dan penutup telinga.
  • Upaya lain yang dilakukan dengan mengurangi memakan daging karena beberapa pihak menyebutkan virus ini menyebar lewat aves(keluarga burung) dan mamalia
  • Melakukan Isolasi ringan terhadap diri sendiri dan keluarga dari lingkungan sekitar, dengan mengurangi aktivitas diluar rumah, jauhi tempat yang sekiranya sudah terjangkit virus Korona dan jangan lupa cek kesehatan ke rumah sakit.
  • Langkah akhir kita tunggu pernyataan dari pihak terkait seperti pemerintah atau  badan kesehatan dunia,  apakah virus ini sudah ada obatnya.

 

Terimakasih telah berkunjung di web Kami, semoga berita ini dapat membantu menambah ilmu dan waswasan Anda

 

Bingung mencari alat laboratorium berkualitas?

Bingung mencari supllai alat laboratorium?


Disini tempatnya, PT. Anugrah Niaga Mandiri adalah supllier alat laboratoium berkualitas di jakarta, Kami menjual berbagai alat laboartorium berkualitas, terbaru dan tercanggih. Ayo pesan sekarang dan dapatkan harga menarik dari Kami.

 

Our Office : Jl. Radin Inten II No. 61A Duren Sawit
Phone : (021) 8690 6782, 0816 1740 8900
Fax : (021) 8690 6781
E-mail : sales@anm.co.id - anugrah.niaga.mandiri@gmail.com
Website : http://www.anm.co.id

 

 




Produk Terkait dengan artikel Apa Itu Virus Korona?