Home  |   Contact Us
250_250_4749956-400x3001.jpg

Fungsi Lengkap Inkubator Laboratorium

 

Inkubator merupakan sebuah perangkat yang berfungsi  untuk mengontrol kondisi lingkungan, seperti suhu dan klembapan. Inkubator  Laboratorium Sering digunakan untuk penelitian  pertumbuhan bakteri, atau memberikan lingkungan yang cocok untuk kondisi biologis atau reaksi kimia.Ketika kita melakukan pengembangbiakan bakteri tanpa menggunakan Inkubator Laboratorium,maka bakteri  tidak akan dapat tumbuh.

 

Penyebab bakteri tidak dapat tumbuh adalah dikarenakan suhu dan kelembaban yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bakteri tidak bias dicapai.Oleh karena itu Inkubator Laboratorium sangat dibutuhkan di Laboratorium Biologi.Inkubator yang sering digunakan di dalam Laboartroium biologi  adalah incubator type Heating(pemanas).

 

Inkubator sendiri dirancang untuk pengaturan ruang yang ada di dalamnya sesuai dengan kelembapan, suhu optimal, karbondioksida (CO2), dan rasio oksigen (O2). Rentang pengaturan suhu inkubator mulai dari ± 5°C – 70°C. Anda bisa mengatur suhunya sesuai dengan kebutuhan dalam menumbuhkan mikroorganismenya. Inkubator kebanyakan dilengkapi dengan pengatur waktu.

 

Bukan hanya itu saja, kapasitas dari inkubator juga sangat bervariasi. Anda bisa menemukan inkubator dari mulai ukuran yang kecil, hingga yang besar. Variasi ukuran dari inkubator adalah berdasarkan volume, mulai dari 48Lhingga 170L. Beberapa inkubator juga ada yang dilengkapi dengan shaker.

 

Proses dari inkubator ini sendiri disebut dengan inkubasi. Inkubasi adalah suatu kondisi perlakukan terhadap mikroorganisme yang diinokulasikan terhadap media tumbuhnya, dengan menggunakan media cair atau padat. Media yang sering digunakan ada yang terbuat dari pepton, ekstrak beef, dan agar. Setiap bahan harus ditimbang terlebih dahulu dengan cermat menggunakan timbangan analitik. Umumnya, alat gelas yang digunakan untuk inokulasi adalah tabung reaksi atau cawan petri. Jika sudah diinokulasikan pada media, maka tahap selanjutnya adalah menyimpannya di dalam inkubator pada kondisi atau suhu tertentu.

 

Para peneliti bisa melihat pertumbuhan mikroorganisme dengan berkala. ketika suhu inkubasi tidak sesuai kondisi optimal yang dibutuhkan mikroorganisme untuk tumbuh, tentunya mikroorganisme tersebut tidak bisa tumbuh dengan baik.

 

Inkubator Binder BD 115 merupakan salah satu incubator yang sering digunakan dalam laboratorium biologi. Inkubator Binder BD 115 memiliki kapasitas ruang inkubasi sebesar 150 liter,hal ini sangat memudahkan untuk melakukan penelitian dengan sample bakteri  yang banyak. Inkubator Binder BD 115 memiliki rentang suhu dari 5°C - 100°C Natural Convection dan memiliki port USB untuk perekaman data.

 

Selain Binder terdapat juga merk Memmert,Yaitu Inkubtaor Memmert IN 30 dengan rentang suhu antara 10°C -  80°C menggunakan teknologi  forced air circulator yang menjaga suhu tetap stabil.Dengan kapasitas 32 liter Inkubator Memmert ini dapat digunakan untuk penelitian di laboratorium dengan ukuran skala kecil.




Produk Terkait dengan artikel Fungsi Lengkap Inkubator Laboratorium