Home  |   Contact Us
17187178_7bc6c5e4-36b5-4b59-9890-ab1f91a9532b_658_660.jpg

Memilih Oven Laboratorium yang Benar

 

Oven laboratorium memiliki aplikasi pengujian material di banyak industri, jadi ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih oven lab untuk dibeli. Posting blog ini menjabarkan beberapa fitur paling penting untuk dipertimbangkan ketika Anda mencari oven laboratorium.

 

Suhu

 

 Carilah model dengan peringkat suhu maksimum yang lebih tinggi dari yang diperlukan dalam pengujian Anda. Ini menjamin akurasi dan keseragaman yang lebih besar selama operasi, serta masa pakai yang lebih lama karena termostat, pengontrol, dan elemen pemanas tidak harus bekerja keras atau bersepeda sesering mungkin.

 

Konveksi

 

Panas didistribusikan di seluruh ruang oven laboratorium baik oleh konveksi gravitasi atau rancangan mekanik (draf paksa) untuk memanaskan isinya.

 

Oven gravitasi bergantung pada perbedaan suhu dan kerapatan di udara untuk sirkulasi di ruangan, dan ini dapat menyebabkan titik mati. Oven ini ideal untuk aplikasi pengeringan sederhana atau dalam kasus di mana arus udara yang kuat dapat memindahkan material sampel yang ringan. Mereka seringkali lebih ekonomis untuk dibeli dan dioperasikan.

 

Oven mekanik atau udara paksa memiliki kipas yang secara aktif mendistribusikan udara melalui ruang oven untuk menghasilkan pemanasan. Banyak standar ASTM dan AASHTO memerlukan penggunaan oven paksa. Aplikasi dengan beberapa sampel, kadar air yang lebih tinggi, dan tingkat akurasi yang diperlukan dapat meminta konveksi paksa udara.

 

Ukuran

 

Dimensi internal ruangan merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan. Ruang perlu mengakomodasi ukuran dan bentuk sampel Anda, dan Anda harus memikirkan jumlah sampel yang perlu Anda muat pada waktu tertentu. Jika Anda memilih ukuran ruang berdasarkan angka yang terlalu kecil, alur kerja Anda terhambat. Sebuah ruang yang terlalu besar berarti ruang yang terbuang di laboratorium Anda dan biaya operasi yang lebih tinggi untuk memanaskan ruang bilik yang tidak terpakai. Secara eksternal, oven harus sesuai dengan ketersediaan ruang lantai dan langit-langit, dan Anda harus dapat memindahkannya melalui bukaan pintu yang tersedia. Kebanyakan model memiliki rak tambahan yang tersedia dengan interior yang dirancang untuk pemasangan.

 

Keseragaman

 

Keseragaman dalam oven lab adalah ukuran seberapa konsisten suhu tetap di berbagai titik dalam ruangan. Titik dingin atau panas mempengaruhi akurasi keseluruhan dan dapat mempengaruhi hasil tes. Semua produsen oven terkemuka akan menunjukkan peringkat keseragaman model mereka.

 

Sumber energi

 

Anda harus mengetahui kapasitas dan konfigurasi pasokan listrik Anda dan jenis sambungan yang dibutuhkan oven sebelum membeli. Anda mungkin perlu mempertimbangkan peningkatan atau modifikasi listrik sebelum instalasi. Untuk beberapa oven, hasil imbang amper dapat ditingkatkan selama periode start-up. Oven berbahan bakar gas juga bisa menjadi pilihan ketika ruang-ruang kapasitas besar atau operasi berkelanjutan diantisipasi, dan ketika mengurangi keseragaman dapat ditoleransi.

 

Ventilasi

 

Jika asap dari sampel yang dipanaskan tidak diinginkan atau berbahaya, udara oven harus dibuang ke luar. Dalam beberapa kasus, oven dapat diposisikan di bawah lemari asam dengan kapasitas yang memadai, tetapi banyak oven memiliki pilihan untuk pembuangan udara paksa langsung melalui port built-in dan beberapa model termasuk opsi untuk motor anti ledakan. Sampel dengan isi kelembaban tinggi mungkin juga memerlukan ventilasi. Ventilasi yang aman dan efektif mungkin memerlukan layanan dari seorang profesional HVAC untuk merancang dan menginstal sistem yang optimal.

 

Waktu Pemulihan

 

Membuka pintu oven secara rutin untuk menambah atau membuang sampel akan menambah beban pada sistem ketika mencoba untuk membuat panas yang hilang. Waktu pemulihan suhu singkat adalah fitur kinerja yang diinginkan, tetapi membutuhkan energi tambahan. Jika spesifikasi Anda membutuhkan tingkat keseragaman dan akurasi yang tinggi, waktu pemulihan yang lebih singkat akan menjadi penting bagi Anda. Jika tidak, kehilangan panas dapat dikontrol secara memuaskan dengan membatasi frekuensi pembukaan pintu dan menjaga beban sampel yang memadai dalam ruangan.

 

Material

 

Banyak oven laboratorium menampilkan interior baja tahan karat dan konstruksi rak untuk menahan korosi dan deteriorasi. Jika material Anda tidak terlalu korosif, Anda bisa mempertimbangkan model yang memiliki interior baja berlapis atau galvanis sebagai pilihan ekonomis. Konstruksi dinding ganda dan insulasi yang baik membuat oven lebih ekonomis untuk beroperasi, lebih seragam, dan beroperasi dengan permukaan eksterior yang lebih dingin untuk keamanan tambahan.

 

Opsi Kontrol

 

Banyak opsi pengontrol tersedia mulai dari pengendali dial analog sederhana dengan termostat bimetalik hingga model digital yang dapat diprogram dengan akurasi tinggi dengan fungsi self-diagnostic, logging dan kalibrasi, beberapa bahkan dengan akses web jarak jauh. Hal-hal keren, tetapi Anda harus menyeimbangkan biaya fitur dengan manfaatnya.

 

Jika lab Anda “memiliki sedikit staf”, akan sangat membantu jika oven memiliki titik pengaturan operasi dan suhu yang diatur secara berkala, otomatis, atau bahkan operasi jarak jauh. Jika oven akan digunakan oleh teknisi entry-level, mungkin lebih sederhana lebih baik. Intinya adalah memikirkannya dan membuat keputusan berdasarkan informasi. Layanan Pelanggan Gilson dan Staf Dukungan Teknis selalu ada di sini untuk membantu Anda membuat keputusan itu.

 

sumber: globalgilson(dot)com




Produk Terkait dengan artikel Memilih Oven Laboratorium yang Benar