Home  |   Contact Us
0005159_hobo-mx1102-carbon-dioxide-co2-data-logger-mx1102.jpg

Pengertian dan Fungsi Data Logger

Pengertian dan Fungsi Data Logger | Penggunaan Data Logger Suhu 

 

Data logger (perekam data) adalah sebuah alat elektronik yang mencatat data dari waktu ke waktu baik yang terintegrasi dengan sensor dan instrumen didalamnya maupun ekternal sensor dan instrumen. Atau secara singkat data logger adalah alat untuk melakukan data logging.

 

Biasanya ukuran fisiknya kecil, bertenaga baterai, portabel, dan dilengkapi dengan mikroprosesor, memori internal untuk menyimpan data dan sensor. Beberapa data logger diantarmukakan dengan komputer dan menggunakan software untuk mengaktifkan data logger dan melihat dan menganalisa data yang terkumpul, sementara yang lain memiliki peralatan antarmuka sendiri (keypad dan LCD) dan dapat digunakan sebagai perangkat yang berdiri sendiri (Stand-alone device).

 

Salah satu keuntungan menggunakan data logger adalah kemampuannya secara otomatis mengumpulkan data setiap 24 jam. Setelah diaktifkan, data logger digunakan dan ditinggalkan untuk mengukur dan merekam informasi selama periode pemantauan. Hal ini memungkinkan untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang kondisi lingkungan yang dipantau, contohnya seperti suhu udara dan kelembaban relatif.

 

Karena fleksibilitas dari data logger suhu berbasis computer ini, mereka sekarang digunakan dalam berbagai tempat seperti museum dan rumah kaca. Sistem data logger suhu memiliki skalabilitas yang tinggi dan setidaknya 8 input hingga ribuan. Peralatan dasar untuk pengukuran berbasis computer terdiri dari sensor untuk mendeteksi suhu dan juga kelembaban udara sekitar. Biasanya, sensor yang dipasang ke perangkat sinyal input-output yang pada gilirannya dihubungkan ke computer menggunakan port standar seperti RS232, Ethernet atau USB. Atau dipasang langsung ke bus komputer.

 

Salah satu keuntungan menggunakan data logger suhu adalah kemampuannya secara otomatis memonitor suhu dan kelembaban udara setiap 24 jam. Setelah diaktifkan, data logger suhu digunakan dan ditinggalkan untuk mengukur dan merekam suhu dan kelembaban udara selama periode pemantauan. Hal ini memungkinkan untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang kondisi lingkungan yang dipantau.

 

Sekian dari artikel diatas semoga dapat membantu Anda, jika Anda membutuhkan alat laboratorium dan Data Logger hubungi Kami disini.

Our Office : Jl. Radin Inten II No. 61A Duren Sawit
Phone : (021) 8690 6782, 0816 1740 8900
Fax : (021) 8690 6781
E-mail : sales@anm.co.id - anugrah.niaga.mandiri@gmail.com
Website : http://www.anm.co.id




Produk Terkait dengan artikel Pengertian dan Fungsi Data Logger