Home  |   Contact Us
Kaca_Benda.jpg

Fungsi Kaca Preparat

 

Pengertian Preparat

Preparat adalah objek yang diamati dengan mikroskop.preparat dapat berupa preparat kering atau basah yang berupa sayatan atau tanpa sayatan. preparat awetan/kering merupakan objek yang sudah diawet kan.preparat awetan dapat digunakan berkali-kali.

Pembuatan Preparat

Agar benda dapat diamati dengan mikroskop cahaya, maka benda itu harus transparan. Oleh karena itu benda yang akan diamati harus dipersiapkan dulu dengan membuat preparat atau sediaan. Alat dan bahan yang harus disiapkan dalam pembuatan preparat adalah gelas benda, penutup gelas, air secukupnya, pipet tetes, silet, kertas isap, dan pewarna. Silet berfungsi untuk menyayat benda yang akan diamati. Gelas benda berfungsi untuk meletakkan objek gelas yang akan diamati.

Penutup gelas berfungsi untuk menutup benda yang diletakkan pada gelas benda. Pewarna digunakan untuk memudahkan dalam pengamatan, misalnya lugol, metilen biru, dan eosin. Preparat dapat diamati secara melintang maupun membujur. Preparat melintang dibuat dari hasil sayatan secara melintang, sedangkan preparat membujur dibuat dengan sayatan arah membujur.

Kaca Preparat

Kaca benda atau yang disebut object glass / Kaca Preparat dan
kaca penutup atau yang disebut cover glass merupakan dua buah benda yang
menjadi pelengkap dalam melakukan penelitian menggunakan mikroskop.

Fungsi dari kedua benda diatas diantaranya :

a.    Kaca Preparat,
berfungsi guna menjadi tempat objek atau preparat yang akan diamati sehingga
objek akan lebih jelas ketika diamati.

b.    Kaca Penutup,
berfungsi guna menjadi tempat penutup objek atau preparat yang akan diamati
sehingga ketika dilakukan pengamatan objek tidak terkontaminasi dengan media
luar.