Home  |   Contact Us
05106_300_dpi_for_ONSET.jpg

Pentingnya mengukur kecepatan angin

 

Kecepatan angin merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk di ketahui oleh masyarakat sebelum melakukan aktivitas apalagi untuk aktivitas yang benar-benar memerlukan pemantauan cuaca dan arah angin seperti pesawat terbang, demi keamanan dan keselamatan. Bukan hanya untuk penerbangan saja , kecepatan angin juga perlu di ketahui seperti berbagai bidang di bawah ini :

 

  • 1. BIDANG PERHUBUNGAN

 

Kecepatan angin sangat mempengaruhi kelancaran jalur penerbangan. Selain kecepatan angin, faktor cuaca dan iklim juga berperan dalam bidang perhubungan terutama untuk transportasi. Selain mempengaruhi kelancaran jalur penerbangan, kecepatan angin juga sangta berpengaruh pada transportasi laut.
  • 2. BIDANG TELEKOMUNIKASI
Selain faktor iklim dan cuaca, kecepatan angin juga berpengaruh pada bidang telekomunikasi. Kecepatan angin yang merupakan akibat dari proses-proses yang terjadi di atmosfer atau lapisan udara bisa mempengaruhi lapisan ionosfer yang mengandung partikel-partikel ionisasi dan bermuatan listrik dimana dengan adanya lapisan ionosfer ini kita bisa mendengarkan siaran radio/menonton televisi.
  • 3. BIDANG PARIWISATA
Kecepatan angin, banyaknya cahaya matahari, cuaca cerah, serta udara yang sejuk/panas/kering sangat mempengaruhi pelaksanaan wisata, baik wisata darat maupun laut. Dengan cuaca dan iklim yang bersahabat serta kecepatan angin yang sedang maka pelaksanaan wisata akan semakin dinikmati
  • 4. BIDANG PERTANIAN
Kecepatan angin yang ideal adalah 19-35 km/jam. Pada keadaan kecepatan angin yang tidak kencang, serangga penyerbuk bisa lebih aktif membantu terjadinya persarian bunga. Sedangkan pada keadaan kecepatan angin  kencang, kehadiran serangga penyerbuk menjadi berkurang sehingga akan berpengaruh terhadap keberhasilan penangkaran benih.

Pentingnya mengetahui kecepatan angin

 

Seiring berkembangnya jaman,Jika Kita ingin mengetahui kecepatan angin pun sudah sangat mudah dilakukan tanpa perlu bersusah payah melakukan penelitian dengan banyak cara, metode yang hasilnya belum tentu benar dan akurat.

 

Alat pengukur kecepatan angin yang cukup akurat, biasanya tidak hanya mengukur kecepatan angin tetapi juga bisa mengukur suhu, temperatur, titik embun dan semua data tersebut bisa di simpan dan di jadikan grafik pengukuran. Alat tersebut adalah RM Young Marine Wind Monitor (model 05106) Sensor -05106.

 

Monitor Angin adalah sensor angin yang akurat dan andal yang dirancang khusus untuk kerasnya lingkungan laut, yang kompatibel dengan jajaran stasiun cuaca kelas riset Onset, termasuk sistem RX3000, U30-NRC, H21, dan H22. Ketika dipasangkan dengan adaptor sensor angin S-WCC-M003, ia menawarkan kinerja plug-and-play dengan stasiun Onset, menghilangkan kebutuhan untuk pemrograman atau kabel yang rumit.


Sensor kecepatan angin adalah baling-baling helicoid empat blade. Transduser yang unik menghasilkan sinyal pulsa tanpa kontak listrik atau slip ring. Sensor arah angin adalah baling-baling cetakan yang tahan lama. Sudut baling-baling dirasakan oleh potensiometer presisi yang ditempatkan di ruang tertutup.

 

Semua bahan dipilih dengan cermat untuk ketahanan terhadap korosi dan daya tahan maksimum di lingkungan laut yang keras. Bantalan keramik yang sangat tahan lama digunakan di seluruh. Bantalan stainless steel digunakan di seluruh. Pelumas tahan air khusus semakin meningkatkan keandalan. Instrumen dipasang pada pipa standar 1 inci.

 

Jika Anda membutuh kan alat - alat laboratorium dan alat untuk mengukur kecepatan angin silahkan hubungi kami disini.

Our Office : Jl. Radin Inten II No. 61A Duren Sawit
Phone : (021) 8690 6782, 0816 1740 8900
Fax : (021) 8690 6781
E-mail : sales@anm.co.id - anugrah.niaga.mandiri@gmail.com
Website : http://www.anm.co.id



Produk Terkait dengan artikel Pentingnya mengukur kecepatan angin