Home  |   Contact Us
Onset-HOBO-Rainfall-S-RGX.jpg

Pengertian Rainfall, Fungsi Dan Contohnya

 

Hujan adalah fenomena turunnya air dari awan akibat adanya proses siklus air di bumi. Air hujan berasal dari laut yang menguap akibat terkena sinar matahari yang panas, kemudian uap air diatas langit akan terkumpul hingga akhirnya membentuk awan. Semakin banyak uap yang terkumpul, awan akan menjadi semakin berat dan akhirnya uap air yang terkumpul akan jatuh ke bumi dalam bentuk hujan.

 

Hujan dapat diukur dalam bentuk intensitas. Intensitas hujan menentukan apakah curah hujan disuatu wilayah tinggi atau rendah. Hujan dengan intensitas yang tinggi biasanya memiliki ciri-ciri waktu yang lama, air hujan yang menetes sangat deras dan kemunculannya sangat sering. Sedangkan hujan dengan intensitas rendah memiliki ciri-ciri waktu yang sebentar, air hujan yang menetes tidak deras dan kemunculannya jarang. Hujan dengan intensitas yang tinggi seringkali membuat suatu wilayah menjadi banjir. Hal ini dikarenakan buruknya sistem irigasi di wilayah yang terkena hujan intensitas tinggi.

 

Curah hujan dapat diukur untuk menentukan tingkat intensitas hujan, tingkat jangka waktu cuaca atau musim hujan serta dapat digunakan juga untuk prediksi cuaca yang akan mendatang. Terdapat dua jenis alat pengukur curah hujan, yaitu alat pengukur curah hujan analog dan digital. Alat pengukur curah hujan analog adalah alat pengukur hujan yang menggunakan jumlah volume disuatu wadah dalam waktu tertentu.

 

Jika wadah tersebut berisi banyak air / sampai penuh, maka bisa dipastikan bahwa curah hujan sedang tinggi begitu pula sebaliknya. Sedangkan alat pengukur curah hujan digital adalah alat pengukur curah hujan yang menggunakan teknologi digital untuk proses pengukurannya. Alat pengukur curah hujan digital sering disebut dengan rainfall.

 

Rainfall adalah alat pengukur curah hujan digital yang menggunakan teknologi sensor dan mikroprosessor untuk proses pengukuran tingkat curah hujan. Rainfall dapat melakukan proses pengukuran dan penyimpanan data dari hasil pengukuran di memori internal. Rainfall menggunakan sensor untuk proses pengambilan dan pengukuran dari tetesan hujan.

 

Data yang berada didalam rainfall dapat diambil dengan menggunakan bluetooth atau USB. Rainfall mempunyai fungsi untuk melakukan pengukuran curah hujan secara akurat, terus-menerus dan dapat bertahan di kondisi cuaca yang buruk. Salah satu contoh alat dari Rainfall adalah Rain Gauge (2m cable) Smart Sensor - S-RGA-M002. 

 

Rain Gauge Smart Sensor ini mengukur curah hujan dengan intensitas hingga lima inci per jam dengan resolusi 0,01 inci, dan akurasi 1% untuk tingkat curah hujan hingga 1 "/ jam. Mekanisme tipping bucket dipasang pada poros stainless steel dengan bantalan kuningan Model ini termasuk kabel 2m.

 

Alat ini sangat konsisten dalam mengukur curah hujan, dapat memantau secara akurat dalam jangka waktu yang lama.

Jika Anda tertarik dengan alat ini atau membutuhkan alat laboratorium lainnya bisa hubungi kontak kami dibawah ini.

 

Our Office : Jl. Radin Inten II No. 61A Duren Sawit
Phone : (021) 8690 6782, 0816 1740 8900
Fax : (021) 8690 6781
E-mail : sales@anm.co.id - anugrah.niaga.mandiri@gmail.com
Website : http://www.anm.co.id