Home  |   Contact Us
4822526_69d6df2c-e229-4f5f-aeac-6529307b8e9d.jpg

Aplikasi Refraktometer untuk dunia industri

Setiap Perusahaan Industri seperti, Makanan, minuman, farmasi, kimia, kosmetik dan pengujian toksikologi, memiliki persyaratan aplikasi yang unik, kendala lingkungan dan penanganan operator dengan kompetitor lain.

 

Oleh karena itu dibutuhkanlah Refraktometer untuk melakukan tes dan pengujian sebagai berikut :

  • Dalam dunia kedokteran hewan, Refraktometer digunakan untuk mengukur total protein plasma dalam sempel darah dan urine hewan.

  • Dalam doagnostik obat, Refraktometer digunakan untuk mengukur berat jenis dalam urine manusia.

  • Dalam Gemmology, Refraktometer digunakan untuk membantu mengidentifikasi bahan permata dengan mengukur indeks bias.

  • Dalam Aquarium laut pembukuan, Refraktometer digunakan untuk mengukur salinitas dan berat jenis air.

 

 

Prinsip Kerja Refraktometer

Prinsip kerja dari refractometer sesuai dengan namanya adalah dengan memanfaatkan refraksi cahaya. Adapun prinsip kerja dari refractometer dapat digambarkan sebagai berikut ;

  1. Terdapat 3 bagian yaitu : Sample, Prisma dan Papan Skala. Refractive index prisma jauh lebih besar dibandingkan dengan sample.

  2. Jika sample merupakan larutan dengan konsentrasi rendah, maka sudut refraksi akan lebar dikarenakan perbedaan refraksi dari prisma dan sample besar. Maka pada papan skala sinar “a” akan jatuh pada skala rendah.

  3. Jika sample merupakan larutan pekat / konsentrasi tinggi, maka sudut refraksi akan kecil karena perbedaan refraksi prisma dan sample kecil. Pada gambar terlihar sinar“ b” jatuh pada skala besar.




Produk Terkait dengan artikel Aplikasi Refraktometer untuk dunia industri