Home  |   Contact Us
pipet.jpg

Jenis - jenis pipet laboratorium

 

Taukah Anda mengenai alat Pipet laboratorium?

Jika Anda bekerja dilaboratorium tentunya Anda sudah akrab dengan alat ini, jika belum mari simak penjelasan berikut.

 

Pipet adalah peralatan laboratorium yang berukuran kecil dan panjang mirip dengan sedotan, pada bagian ujung bawah agak meruncing dan bagian ujung atas terdapat karet, pipet ini ada yang terbuat dari plastik maupun kaca dengan. secara umum fungsi pipet ini sebagai alat pengambil cairan dalam skala kecil.

 

Ketika ada kegiatan di laboratorium atau proses penelitian dimana sipeneliti harus memindahkan beberapa  cairan dalam skala volume tidak terlalu besar, maka peneliti bisa menggunakan pipet untuk mempermudah proses pemindahan cairan dari satu wadah ke wadah yang lainnya.

 

Perlu diperhatikan proses pemindahan cairan menggunakan pipet perlu waktu yang cukup lama, karena pipet memiliki volume maksimal tak lebih dari 5ml. Seiring berkembangnya zaman alat pipet ini sudah dibuat dalam berbagai jenis, ukuran dan skala mulai dari yang paling kecil yaitu 1ml, hingga  5ml.

 

Berikut beberapa jenis pipet yang kami rangkum untuk Anda.

 

1. Pipet (pipette, pipettor, chemical dropper).


Pipet jenis ini berfungsi memindahkan cairan dalam berbagai tingkatan serta presisi. Pipet ini berukuran hingga 1000 ml, untuk pipet berukuran volume 1 sampai 1000 μl dinamakan mikropipet atau micropipettes dan yang bervolume lebih besar dinamakan makropipet atau macropipettes.

 

2. Pipet ukur atau measuring pipette.


Pipet ukur berfungsi untuk memindahkan cairan atau larutan ke dalam wadah dalam berbagai ukuran volume dan skala terbesar adalah 50ml.

Pipet ukur terbagi dalam berbagai ukuran dan setiap ukuran dibedakan melalui kode warna.

  • Warna kuning, untuk pipet ukur volume 1 ml dengan skala terkecil 0.01 ml.
  • Warna hitam, untuk pipet ukur volume 2 ml dengan skala terkecil 0.02 ml.
  • Warna merah, untuk pipet ukur volume 5 ml dengan skala terkecil 0.05 ml.
  • Warna orange, untuk pipet ukur volume 10 ml dengan skala terkecil 0.1 ml.
  • Warna putih, untuk pipet ukur volume 25 ml dengan skala terkecil 0.1 ml.

 

3. Pipet volume atau volume pipette.


Pipet volume atau volume pipette memiliki bentuk agak berbeda dari jenis lainnya. Pipet volume berbentuk agak menggelembung di bagian tengah dan fungsi bentuk menggelembung ini adalah untuk mengambil larutan dengan volume yang tepat sesuai keterangan pada label yang tertera di bagian menggelembung. Pada sat menggunakan Pipet volume gunakan pipet pump atau propipet sebagai alat bantu menyedot larutan .

 

4. Pipet tetes atau drop pipette.


Pipet tetes berfungsi membantu memindahkan cairan dari suatu wadah ke wadah lainnya dalam jumlah yang amat kecil, yaitu setetes demi setetes.

 

5. Pipet Buret.


Pipet Buret berfungsi untuk mengukur banyaknya cairan yang dikeluarkan saat proses tirasi.

 

Kami PT. Anugrah niaga mandiri adalah distributor alat - alat laboratorium dengan kualitas terbaik di jakarta. Jika Anda membutuhkan berbagai macam alat laboratorium atau jasa service alat laboratorium, silahkan hubungi kami disini.

  • Telp             : 021 8690 6782
  • Fax              : 021 8690 6781
  • Whats App   : 0816 1740 8900
  • Email           : sales@anm.co.id
  • Website        :  anm.co.id / Alatlabor.com



Produk Terkait dengan artikel Jenis - jenis pipet laboratorium