Home  |   Contact Us
oakton-3561352-handheld-meter-with-ph-probe-3561352.jpg

Cara Menggunakan dan Fungsi PH Meter Digital

 

Pada masa yang sudah serba canggih ini banyak para pemula terutama pelajar yang terdiri dari remaja / pemuda yang ingin tau dan mempertanyakan tentang fungsi dari macam macam alat canggih, salah satunya adalah Ph Meter Digital yang termasuk ke dalam golongan alat elektronik yang sangat unggul dalam mengukur kadar Ph.

 

Ph Meter adalah  alat ukur yang digunakan untuk mengukur Ph / derajat keasaman dan basa. Ph meter sering digunakan untuk menguji sifat asam dan basa pada cairan oleh para ahli di laboratorium, lalu bagaimana tata cara pengukurannya dan apa saja yang harus dilakukan  maka langsung saja simak artikel berikut yang akan membahasnya secara detail.

 

Pengertian Ph Meter Digital

 

Ph Meter Digital adalah alat elektronik untuk melakukan pengukuran kadar ph atau tingkat keasaman dan kebasaan, ph meter digunakan juga dalam mengukur kadar ph pada zat yang wujudnya setengah padat. Umumnya di dalam ph meter ini ada beberapa bagian yang berperan penting yaitu probe atau alat yang berperan mengukur bagian elektroda kaca serta meter sebagai penghubung elektronik untuk menampilkan apa yang dihasilkan dari pengukuran ph meter tersebut.

 

Ph Meter Digital memiliki probe atau elektroda untuk mengukur ph yang terjadi pada proses ketika ion ion hidrogen sedang mengelilingi bohlam yang terbuat dari kaca dan mempunyai dinding tipis di bagian ujungnya. Kemudian probe ini nantinya akan memberikan hasil tegangan yang sangat rendah yaitu hanya sekitar 0,06 volt saja pada setiap unit pH nya. Kemudian ph meter juga memiliki meter atau voltmeter yang dapat memberikan tampilan hasil atas pengukuran yang dilakukan. Impedansi pada input yang terdapat pada meter harus bertegangan tinggi sebab resistansi yang dimilikinya juga sangat tinggi yaitu mencapai 20 - 1000 mΩ.


Rangkaian Ph Meter Digital yang sangat sederhana tersebut biasanya terdiri atas amplifier operasonal yang didalamnya terdapat konfigurasi pembalik yang jumlah tegangannya mencapai-17. Tegangan rendah amplifier yang di konversikan dengan probe sekitar +0,059 volt per Ph yang kemudian akan di seimbangi oleh 7V. Sehingga hasil dari skala ph tersebut dapat dibaca sebagai ph netral atau ph 7V yang memiliki tegangan output probe hanya 0 volt. Perhitungannya adalah 0 x 17 + 7 = 7. Kemudian untuk Ph dasar memiliki tegangan mulai dari +0 - +0,41 volt atau 7 x 0,059 = 0,41.

 

Cara Menggunakan Ph Meter Digital


Berikutnya cara penggunaan ph meter digital

 

Pertama dengan kalibrasi, Kalibrasi dilakukan pada waktu sebelum dan juga sesudah proses pengukuran dengan menggunakan Ph Meter Digital tersebut dilakukan. Normalnya pengukuran ini dapat saja dilakukan setiap hari dengan alasan bahwa probe elektroda yang terdapat pada kaca tidak dapat diproduksi oleh e.m.f dalam waktu yang sangat lama. Kalibrasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan 2 jenis cairan yaitu standart buffer solution yang merupakan cairan untuk rentang nilai ph yang nantinya akan di ukur. Cara untuk menggunakannya secara umum memanfaatkan buffer ph 4 dan 10.


Ph Meter Digital ini mempunyai kontrol kalibrasi yang pertama yang dapat digunakan untuk dapat mengatur proses pembacaan meter sehingga nilai yang terbaca sama dengan nilai standart pada buffer pertama dan kemudian untuk kontrol kalibrasi yang kedua atau yang di sebut dengan slope digunakan untuk menyetel bagian sistem pembacaan meter sehingga nanti nilainya juga sama dengan buffer yang kedua. Lalu untuk pengontrol yang ketiga berfungsi untuk melakukan setting pada temperatur. Kemudian untuk bagian sachet pada standart buffer akan menunjukkan ada atau tidaknya perubahan pada temperatur atau suhu.


Proses kalibrasi pada Ph Meter Digital ini mempunyai kolerasi ketegangan probe mencapai 0,06 volt pada setiap unit ph nya. Jika pengukuran sudah selesai dilakukan maka probe yang telah digunakan tersebut dapat di cuci hingga bersih dengan menggunakan air suling atau dapat juga dengan menggunakan air de ionisasai yang berfungsi untuk dapat membuang bagian solution yang masih membekas. Setelah itu keringkan probe dari air bilasan dengan menggunakan tisu sehingga dapat mencegah masuknya air ke dalam sapel yang nantinya dapat mempengaruhi proses pembacaan hasil ph pada pengukuran sebelumnya.


Ketika Ph Meter Digital ini tidak sedang digunakan maka pada bagian ujung probe dapat di jaga tingkat basanya yaitu jangan sampai ph nya asam. Caranya yaitu dapat dengan merendam bagian ujung probe dengan menggunakan cairan zat asam solution yang ph nya sekitar 3,0. Jika sedang dalam kondisi yang darurat maka anda dapat mengasamkan air keran. Namun perlu anda ketahui bahwa air suling dan juga air de ionisasi yang di asamkan tersebut tidak dapat digunakan untuk menyimpan probe dalam waktu yang lama sebab nantinya dapat menghilangkan ion ion yang terdapat pada probe tersebut dan hal buruk yang dapat terjadi adalah degradasi.

 

Jenis Jenis Ph Meter Digital


Ph Meter Digital ini terbagi atas beberapa jenis yang bentuknya juga sangat bervariasi yaitu mulai dari bentuk sederhana yang menyerupai pen yang dijual dengan harga yang sangat murah hingga bentuk rumit yang biasa digunakan pada laboratorium dengan harga jual yang sangat tinggi yang biasanya menggunakan bantuan koneksi komputer. Beberapa input indikator tersebut adalah ion sensitive dan redox, elektroda referensi, sensor temperatur berupa thermoresistor dan juga thermocouple. Untuk jenis ph meter yang harga jualnya lebih murah biasanya diperlukan pengukuran terhadap temperatur terlebih dahulu sehingga nantinya macam macam variasi ph dapat di setel dengan baik. Kemudian untuk probe yang sangat khusus biasanya hanya tersedia pada sebuah aplikasi yang khusus juga yaitu terdapat pada lingkungan yang sangat keras. Kemudian ada juga ph meter pocket yang dijual dengan harga terjangkau yang secara otomatis dapat langsung digunakan untuk melakukan kompensasi pada temperatur dan biasa disebut dengan istilah ATC atau automatic temperatur compensation.

 

Itulah beberapa informasi yang dapat anda dapatkan dari pusatro kali ini, khususnya tentang Ph Meter Digital. Kini jika anda menjumpai alat elektronika tersebut tentunya anda sudah tidak merasa asing lagi dan dapat menambah pengetahuan anda akan fungsi atau kegunaan dari salah satu alat yang sangat berperan penting untuk para ahli yang bekerja di ruang laboratorium. Untuk anda yang kebetulan ingin mengukur tingkat asam dan basa pada sebuah cairan maka sangat tepat sekali jika anda memanfaatkan ph meter digital untuk mengukurnya.

 

Sekian dari artikel diatas semoga bermanfaat, jika Anda memerlukan Ph meter, Ph meter digital dan Alat laboratroium silahkan hubungi kami disini.

  • Telp : 021 8690 6782
  • Fax : 021 8690 6781
  • Whats App : 0816 1740 8900
  • Email : sales@anm.co.id
  • Website : anm.co.id / Alatlabor.com