Home  |   Contact Us
20065818_1951549571768172_5476436331531862016_n.jpg

Piknometer, kelebihan dan kekurangan piknometer

 

Pengertian Piknometer


Piknometer berasal dari bahasa Yunani : πυκνός - puknos yang berarti "rapat", Piknometer adalah alat yang berfungsi mengukur massa jenis pada suatu cairan, piknometer terbuat dari kaca yang memiliki penyumbat ketat dengan pipa kapiler, sehingga gelembung udara bisa keluar. 

 

Piknometer  ini membuat massa jenis cairan diukur dengan akurat dan mengacu ke fluida kerja yang sesuai, contohnya air atau raksa, yang menggunakan neraca analitik, Piknometri  adalah metodologi yang mempelajari hasil yang diperoleh dari Piknometer.

 

kelebihan dan kekurangan piknometer

 

Piknometer memiliki kelebihan dan Kekurangan

 

kelebihan Piknometer yaitu larutan uji yang digunakan untuk pengukuran jumlahnya sedikit dan wadah pengukurannya kecil. Metode yang cukup sederhana dan tidak rumit.

 

Kekurangan  Piknometer yaitu metode ini dilakukan dengan cara penimbangan zat / larutan uji berulang kali dan alatnya sulit untuk dibersihkan dan juga memerlukan waktu yang lama. 

 

Metodologi

Untuk cairan, piknometer ditimbang kosong lalu diisi dengan air suling sampai tanda batas penentuan volume pada suhu tertentu dan diisi dengan cara yang sama oleh cairan sampel dan massa jenis sampel bisa dihitung. Semua penentuan massa jenis, baik pada air suling (standar) maupun cairan sampel harus dilakukan pada suhu yang sama.

 

Jika labu ditimbang kosong, penuh air, dan penuh cairan yang massa jenis relatif yang diinginkan, massa jenis relatif cairan dapat dengan mudah dihitung. Massa jenis partikel bubuk, dimana metode umum menggunakan penimbangan tidak dapat diterapkan, dapat pula ditentukan dengan piknometer. Bubuk ini ditambahkan ke dalam piknometer, yang kemudian ditimbang, memberikan massa sampel bubuk. piknometer tersebut kemudian diisi dengan cairan dengan massa jenis yang diketahui, di mana bubuk benar-benar larut. Massa cairan yang dipindahkan kemudian dapat ditentukan, dan karenanya menghasilkan massa jenis relatif bubuk.

 

Perhitungan

Mengingat bahwa volume larutan selalu sama:

V air = V sampel {\displaystyle V_{\text{air}}=V_{\text{sampel}}\,} {\displaystyle V_{\text{air}}=V_{\text{sampel}}\,}

 

definisi massa jenis

ρ = m V {\displaystyle \rho ={m \over V}} {\displaystyle \rho ={m \over V}}

 

Disimpulkan volume yang sama, massa jenis sebanding dengan massa, kepadatan sampel diberikan melalui persamaan :


ρ 1 = m 1 m 2 ρ 2 {\displaystyle \rho _{1}={m_{1} \over m_{2}}\rho _{2}} {\displaystyle \rho _{1}={m_{1} \over m_{2}}\rho _{2}}

 

keterangan:

 

  • m 1 {\displaystyle m_{1}} {\displaystyle m_{1}}: massa sampel yang terdapat dalam piknometer;
  • ρ 1 {\displaystyle \rho _{1}} {\displaystyle \rho _{1}}: massa jenis sampel yang terdapat dalam piknometer;
  • m 2 {\displaystyle m_{2}} {\displaystyle m_{2}}: massa air (atau cairan dengan massa jenis diketahui) yang terkandung dalam piknometer;
  • ρ 2 {\displaystyle \rho _{2}} {\displaystyle \rho _{2}}: massa jenis air (atau cairan dengan massa jenis diketahui) yang terkandung dalam piknometer.

 

 

Hasil yang diperoleh dari pengukuran piknometer biasanya dinyatakan sebagai kg/m3, g/cm3.

 

Karena massa jenis udara lebih kering pada tekanan 101.325 kPa dan suhu 20 °C adalah[7] 0.001205 g/cm3 dan massa jenis air adalah 0.998203 g/cm3 terdapat perbedaan antara massa jenis relatif sebenarnya dan semu untuk zat dengan massa jenis relatif (20 °C/20 °C) pada sekitar 1.100 dapat menjadi 0.000120. Ketika menghasilkan massa jenis relatif sampel dekat dengan air maka (misalnya larutan etanol encer) koreksinya bahkan lebih kecil lagi.


Piknometer gas

 

Ada manifestasi berbasis gas dari piknometer disebut piknometer gasPiknometer gas berfungsi  membandingkan perubahan tekanan yang timbul oleh perubahan terukur pada suatu volume tertutup berisi acuan  terhadap perubahan tekanan yang disebabkan oleh sampel pada kondisi yang sama.

 

Perbedaan perubahan tekanan mewakili volume sampel jika dibandingkan dengan bola acuan, dan umunya digunakan pada partikel padat yang bisa larut dalam media cair pada desain piknometer yang dijelaskan di atas, atau untuk bahan berpori mana cairan tidak akan sepenuhnya menembus.

 

 

Terima ksih telah berkunjung, semoga artikel diatas membantu Anda, jika Anda ingin membeli piknometer dan alat laboratorium lainnya silahkan hubungi kami disini.

 

  • Telp : 021 8690 6782

  • Fax : 021 8690 6781

  • Whats App : 0816 1740 8900

  • Email : sales@anm.co.id

  • Website : anm.co.id / Alatlabor.com

 

 

tags : jenis piknometerpiknometer pdfukuran piknometerdasar teori piknometermakalahpiknometerpiknometer wikipediakelebihan dan kekurangan piknometerrumus piknometer




Produk Terkait dengan artikel Piknometer, kelebihan dan kekurangan piknometer