Home  |   Contact Us
ew-300sg.jpg

Densimeter



Alat Pengukur Kepekatan/ Kepadatan/ Kerapatan Benda Densimeter DM series


Densimeter adalah alat yang berfungsi untuk mengukur skala densiti (kerapatan) zat cair. Angka-angka yang ada pada tangkai densimeter menyatakan massa jenis zat cair yang permukaannya berada tepat pada angka yang tertera. Cara menentukan massa jenis dengan densimeter ini bisa berdasarkan pembacaan dalamnya tabung gelas yang sudah tercelup dan berskala dibaca tepat pada miniskus cairan.

 

Faktor yang Mempengaruhi Densimeter

Densiti terpengaruh oleh suhu, jika suhu naik maka molekul-molekul zat akan bergerak, mengembang lalu menguap. Maka densiti akan berkurang, tapi saat suhu turun, jarak antar molekul semakin rapat, maka zat ikut mengkerut lalu densiti akan bertambah atau semakin kental.

Faktor koreksi ini dihitung dengan rumus berikut :

 

F = (t ukur – 20o C) x K 

 

Keterangan :

  • F = faktor koreksi
  • t ukur = suhu pada saat pengukuran (to C)
  • K = bilangan koreksi pada literatur

 

Jika zat dipanaskan atau didinginkan maka volumenya juga ikut  mengembang atau mengkerut, berarti massa dari zat itu ditempatkan dalam volume yang lebih besar atau lebih kecil, dan berat jenis juga berubah dengan berubahnya temperatur. Contohnya pada 25o C, dan berat jenis air adalah 0,9970 g/ml, sedangkan pada suhu 35o C berat jenisnya adalah 0,9956 g/ml. Dapat disimpulkan bahwa perubahannya tidak terlalu besar dengan berubahnya suhu, tapi sangat berguna jika diingat sedikit kesalahan. Kita bisa menganggap berat jenis air adalah 1,00 g/ml pada segala macam suhu. Tapi harus diingat jika kita sedang bekerja dengan ketelitian tinggi, suhu layak  diperhitungkan.

 

Keterangan Alat Densimeter


Pada Densimeter ada angka-angka yang tertera di tangkai berskala yang menyatakan massa jenis zat cair dengan permukaannya tepat pada angka yang tertera. Angka-angka itu dibuat secara empiris hasil dari percobaan-percobaan yang teliti. Jarak antara angka 0,5 ke 0,6 tidak sama dengan jarak 0,6 ke 0,7. Semakin ke bawah angka-angka yang tertera semakin besar dan jaraknya semakin rapat.

 

Batas ukur densimeter biasanya dibagi-bagi misalnya :

  • 0,5 g/ml sampai dengan 1,0 g/ml,
  • 1,0 g/ml sampai dengan 2,0 g/ml, dst.

 

Cara Perawatan Alat Densimeter

Alat densimeter cukup mudah dalam hal penyimpanan dan perawatannya. Setiap selesai menetapkan bobot jenis dari semua sampel, maka densimeter cukup dibersihkan dengan air atau menggunakan air sabun jika masih terdapat lemak. Setelah itu, keringkan dengan tissue halus dan disimpan dalam wadah yang berupa kardus kecil agar bebas dari debu. Simpan densimeter dalam lemari yang tidak lembab.

 

Densimeter adalah alat dengan kualitas terbaik dari produk berteknologi komputer yang tinggi. Densimeter memiliki hasil dari pembacaan yang sangat akurat, dengan stabilitas tinggi dan pengoperasian sederhana. Cara kerja ini bisa diterapkan secara meluas dalam bidang-bidang pengujian seperti, pengujian Kerusakan, Industri percetakan/penerbitan, Ilmu kesehatan/kedokteran. Setiap seri densimeter dilengkapi adanya Tabel kepadatan dalam pengujian yang sangat presisi.


Instruksi Operasi Penggunaan Densimeter:

 
I. Mengukur Nilai Density :

  1. Pertama hubungkan alat ke sumber listrik lalu di layar akan muncul tanda ”– . –” tunggu beberapa waktu, perlu kurang lebih 5 menit untuk Memulai, kemudian tekan tombol POWER disudut kanan bawah densimeter.
  2. Posisikan lengan pengukur ke bawah tanpa perlu menempatkan dari setiap sampel kemudian pada layar muncul ” E.1 ” .  Jaga tombol on dan tekan lagi lengan pengukuran dengan juga mendorong tombol Merah/zero tombol untuk Pengaturan dibagian sudut kanan atas densimeter lalu  di layar muncul ” 0.00 ” . Kemudian Lepaskan lengan pengukuran, maka densimeter mulai memasuki proses pengukuran nilai densitas.
  3. Setarakan sampel kepada aperture dengan menekan tombol lengan pengukuran, lalu nilai densitas akan ditampilkan di layar .
  4. Perhatikan tablet kepadatan standar yang dilengkapi dengan instrumen, ada keterangan bahwa titik nol harus ditentukan terlebih dahulu, yaitu dengan menyelaraskan "benchmark" tanpa tabel kepadatan dengan aperture, kemudian tekan lengan pengukuran lalu tombol Pengaturan Nol disaat yang sama , mulailah proses uji sampel lain hinggai layar menunjukkan ” 0.00 ”.

 

II. Mengamati Sampel :

 
Sampel yang akan diuji bisa diamati setelah lampu di sudut kiri bawah dari Densimeter dihidupkan, lampu neon trikromatik yanga di Densimeter yang menyala.

 Poin Terpenting :


  • Densimeter DM series, alat sebaiknya ditempatkan di tempat yang jauh dari debu, tempat yang tinggi akan medan magnet, tempat dengan kelembaban yang tinggi, jauhkan dari pengaruh alkali dan juga  benda asam.
  • Bukaan diafragma ada tepat terpaku bersama pita kohesif kecil saat meninggalkan pabrik, sehingga tidak kehilangan diafragma.
  • Simpanlah tablet kepadatan tetap bersih. Simpan dengan baik saat tidak digunakan.
  • Pembacaan nilai densitas ada di luar jangkauan yang telah ditentukan, data pengukuran masih dari nilai referensi.
  • Sendi yang terletak antara bukaan diafragma dan juga basis sumber cahaya umumnya relatif longgar agar mudah membersihkan debu.

 

 

Sekian dari atrikel diatas semoga bermanfat, jika Anda membutuhkan Alat Desnimeter dan alat laboratorium lainnya silahkan hubungi kami disini.

  • Telp : 021 8690 6782
  • Fax : 021 8690 6781
  • Whats App : 0816 1740 8900
  • Email : sales@anm.co.id
  • Website : anm.co.id / Alatlabor.com

 




Produk Terkait dengan artikel Densimeter