Home  |   Contact Us
xlw-pc2.jpg

Auto Tensile Tester, Uji Adhesive

 

Auto Tensile Tester, Uji Tumpukan Loop Tape Adhesive - Perekat adalah suatu zat dan bahan yang biasa kita gunakan untuk menempelkan atau menyatukan 2 benda atau barang yang berbeda. Perekat ini umumnya berbentuk pita atau lembaran yang disisinya dilapisi oleh bahan yang sangat lengket atau bahan kimia untuk merekatkannya.

 

Pengertian Perekat (Adhesive)

Definisi perekat menurut beberapa ahli :

  1. Shield (1970) mengartikan bahwa perekat adalah bahan yang bisa membuat bahan-bahan lain menjadi satu melalui ikatan pada permukaannya.
  2. Kennedy et all (1984) mendefinisikan yaitu perekat adalah unsur yang bisa menyatukan dua bahan berbeda  melalui ikatan kimia atau secara mekanikal. 
  3. Salomon & Schonlau (1951) mengartikan perekat sebagai bahan yg bisa menyambungkan dan menyatukan dua permukaan terpisah sehingga pada bahan yang disatukan mempunyai kekuatan yg bisa tahan dikenai beban tertentu.
  4. Wake (1976) & Ruhendi (1986) mendefinisikan perekat adalah bahan untuk menyatukan benda yang sama atau benda yang berbeda sehingga menjadi satu ikatan atau benda itu memiliki sifat tahan kepada keadaan.  

 

Istilah yang ada dalam Adhesive(Perekat)

  1. Adheren (substrat) adalah bahan yang akan direkatkan.
  2. Bonding adalah proses perekatan
  3. Adhesi adalah gaya tarik menarik antara molekul yang tidak sejenis.
  4. Kohesi adalah gaya tarik menarik antara molekul yang sejenis.
  5. Tackifier adalah bahan untuk menambah daya rekat adhesive.
  6. Open tack time adalah daya rekat awal yang terbentuk ketika perekat mulai ditempelkan.

 

Kegunaan Perekat (Adhesive)

Umumnya fungsi Perekat untuk mengikat beraneka komponen yang strukturnya berbeda atau benda yang sulit disatukan dengan lem dan alat lainnya dan dalam penggunaan perekat ini mudah, praktis terlebih saat pemakaian solder, paku, sekrup bisa membuat kerusakan pada benda yang dingin disatukan.

 

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Perekat Dari Metode Penyambungan Lainnya

  1. Bisa menyambung beberapa komponen sekaligus.
  2. Bisa menyambungkan beberapa benda dengan ketebalan berbeda.
  3. Mengulangi bertambahan bobot bahan yang disatukan.
  4. Menyamakan tekanan pada bahan-bahan yang direkatkan.
  5. Perekat membuat hasil perekatan rapi.
  6. Kekuatan perekat tinggi, biayanya ekonomis lebih murah.

 

Kerugiannya antara lain

  1. Perekatannya terkadang rumit agar hasilnya baik.
  2. Ikatan  tidak optimalnya dibanding pada teknik las.
  3. Perekat hanya berdaya hantar listrik dan termal kurang baik.
  4. Perekat tidak  tahan panas, dingin, kerusakan organisme, bahan kimia, radiasi dan kondisi pemakaian ekstrim.

 

Saat kita menggunakan perekat tentunya kita akan menggunakan perekat dengan kualitasterbaik, untuk memudahkan pekerjaan kita yang brhubungan dengan merekatkan benda. Apa jadinya jika perekat dibuat dengan kualitasrendah? pastinya akan sangat merugikan konsumen dan masyarakat lainnya yang menggunakan perekat. Umumnya perusahaan atau pabrik perekat selalu melakukan uji tarik atau uji kelayakan kualitas sehingga mereka mengetahui kualitas barang hasil produksi mereka, salah satunya adalah dengan uji  Uji Tumpukan Loop Tape Adhesive.


Apa itu  Uji Tumpukan Loop Tape Adhesive?


Uji Tumpukan Loop Tape Adhesive atau Loop taktik pita perekat diukur dengan menguji gaya yang dibutuhkan untuk memisahkan pita perekat loop (sisi perekat menghadap ke luar) dari pelat uji. Taktik tampilan adalah satu indeks dasar pita perekat baik di China dan banyak negara Eropa dan Amerika Serikat.


Menurut Metode A yang ditentukan dalam GB / T 31125-2014: Metode Uji Tape Adhesive: Tumpukan Loop, tester tensil otomatis Labthink dapat digunakan untuk menguji taktik loop pita perekat dengan bantuan pelat uji yang disesuaikan untuk uji taktik loop. Labthink XLW series auto tensile testers dan MED-01 Medical Packaging Tester dapat digunakan untuk menguji tack loop dari pita perekat secara akurat dan cepat.



T-shaped stain-steel plat baja uji untuk uji taktik loop dipasang di pegangan sampel yang lebih rendah dari tester tarik. Dua ujung bebas dari spesimen pita perekat (lebar 24 mm, permukaan perekat menghadap ke luar) dijepit dalam genggaman sampel atas. Kemudian mulailah tester tarik. Guncangan sampel atas akan bergerak ke bawah pada kecepatan 300mm / menit sampai bagian tengah dari pita kontak pita perekat loop kontak dengan area tengah (24mm x 24 mm) dari pelat uji berbentuk T. 3 detik kemudian, grip sampel atas akan bergerak ke atas pada kecepatan yang sama. 
Hasil pengujian akan menjadi kekuatan maksimum yang menyebabkan pemisahan spesimen loop dari pelat uji. Satu hal lagi adalah bahwa pengguna harus mengamati di mana cara spesimen loop memisahkan dari pelat uji sehingga dapat menganalisis cacat pada pembuatan pita perekat.



Labthink juga mendukung kustomisasi grip sampel untuk FINAT Method: No.9 loop tack test.

Berdasarkan pengalaman, metode uji taktik loop memiliki pengulangan data yang lebih baik dan lebih sesuai untuk pengujian tekat label perekat dan bahan perekat sejenis. Kelebihan metode uji taktik dengan rolling ball meliputi operasi pengujian sederhana dan instrumen pengujian harga rendah, yang berlaku untuk pengujian cepat dan sederhana di lokasi pembuatan atau laboratorium.



Berdasarkan pengalaman, metode uji taktik loop memiliki pengulangan data yang lebih baik dan lebih sesuai untuk pengujian tekat label perekat dan bahan perekat sejenis. Kelebihan metode uji taktik dengan rolling ball meliputi operasi pengujian sederhana dan instrumen pengujian harga rendah, yang berlaku untuk pengujian cepat dan sederhana di lokasi pembuatan atau laboratorium. 
Kami menjual alat yang digunakan untuk melakukan uji tarik  Uji Tumpukan Loop Tape Adhesive, alat itu bernama Auto Tensile Tester.


XLW (PC) Auto Tensile Tester

Tester tarik otomatis XLW (PC) secara profesional berlaku untuk penentuan sifat paksa berbagai bahan kemasan fleksibel, dengan presisi tinggi (0,5% dari skala penuh) dan rentang uji ganda. Instrumen ini dirancang dengan 7 mode uji independen dan bisa melakukan tes pada tujuh uji kecepatan yang berbeda untuk memenuhi berbagai kondisi uji. Perangkat lunak cerdas memudahkan untuk mengoperasikan instrumen dan menyediakan analisis data dan fungsi perbandingan.


  • 0,5% skala penuh secara efektif memastikan hasil tes yang akurat.
  • 7 mode uji independen tersedia, termasuk kekuatan tarik, kekuatan pengupasan, kekuatan robek dan sifat kekuatan lainnya dari paket fleksibel.
  • Sisi ekstra 1000mm ekstra memenuhi kebutuhan uji berbagai bahan dengan laju perpanjangan yang ekstrem.
  • Kisaran uji beda sel beban dan kecepatan uji 7distinct untuk memenuhi persyaratan pengujian yang berbeda.
  • Alat ini dikendalikan oleh komputer mikro dengan antarmuka menu, panel operasi PVC dan layar LCD besar.
  • Cerdas desain over-travel protection, overload protect, automatic position reset dan power failure memory untuk operasi uji yang aman.
  • Perangkat lunak operasi profesional mendukung analisis statistik spesimen kelompok, analisis superposisi kurva uji dan fungsi perbandingan data historis.
  • Mendukung Sistem Sharing Data Lab LystemTM untuk pengelolaan hasil tes dan laporan pengujian yang seragam.

 

Spesifikasi

Instrumen ini dilengkapi dengan lebih dari 100 grip untuk tes lebih dari 1000 material. Dan kustomisasi juga tersedia untuk tes materi khusus.

Contoh aplikasi instrumen:


Aplikasi Dasar

Properti Tarik

Uji Kekuatan Tarik dan Kecepatan Pemanjangan
Uji Kekuatan Tarik Saat Istirahat
Uji Perlakuan Taut
Uji Kekuatan Seal Panas
Uji Peel 90 derajat
180 derajat peel test



Aplikasi Diperpanjang (Aksesori Tambahan yang Dibutuhkan)

Uji Tusuk Jarum Hypodermic pada Kulit Buatan
Uji Tusuk Film
Uji Tusuk Alat Infus
Uji Tusuk / Tarik Penutup Karet Fleksibel
Membuka Perlawanan Uji Gabungan Covers
Uji Tear pada Cap Tipe ZD
Membuka Uji Paksa Limbah Cair Lisan
Uji Tusuk / Tarik Lengan Cair Lisan
Uji Tarik 90 Cap Cap Instrumen Infus
Uji Pullout Cap Tas Infusi
Uji Tarik Gelar Cap Botol
Uji Tusuk / Tarik Botol atau Penutup Karet
Uji Peel 90 Perekat untuk Perekat
Uji Tear Resistance dari Buku Binding Perekat
Uji Peel 90 Derajat Papan Air yang larut dalam air
Uji Pernapasan Tegang Perekat
Uji Kekuatan Perekat (lunak)
Uji Kekuatan Adhesive (keras)
Uji Kupas Tabung Fleksibel
Kekuatan Pelepasan Pipa dan Pipa Sendi
Pullout Test of Cosmetic Brush Hair
Uji Pullout Sikat Gigi
Kekuatan Tarik Tali Saat Istirahat

 

Semoga Artikel diatas bermanfaat, Jika Anda membutuhkan alat Auto Tensile Tester dan alat labthink lainnya silahkan hubungi kami disini ya.



Produk Terkait dengan artikel Auto Tensile Tester, Uji Adhesive