Home  |   Contact Us
w3-031.jpg

Water Vapor Transmission Rate

 

Fungsi Water Vapor Transmission Rate (WVTR) - Taukah Anda dalam menjaga kondisi makanan pada kemasan, ada unsur yang cukup penting yaitu kelembaban. Kelembaban ini merupakan hal yang krusial dan menjadi suatu hal penting untuk mempertahankan sebuah kualitas pada makanan itu sendiri. Kelembaban adalah tolak ukur konsentrasi upa air di udara, jadi angka konsebtrasi ini dapat di jabarkan menjadi kelembaban absolute, kelembaban spesifik atau kelembaban relative. Alat untuk mengukur kelembaban disebut higrometer alat ini mirip dengan thermometer dan thermostat untuk suhu udara.

 

Kelembaban ini sangat berpengaruh pada makanan karena kelembaban ini mempengaruhi perubahan pada tekstur, rasa dan warna, munculnya air dalam kemasan produk sangat mempengaruhi isi makanan tersebut. Kondisi ini akan memperpendek shelf life, pelindung atau barier utama dalam menjaga kelembaban adalah kemasan itu sendiri, dari pernyataan berikutlah kita harus tau kadar kelembaban pada kemasan makanan kita agar dapat mencegah uap air yg masuk sehingga makanan akan bertahan lama.

 

Kelembaban dapat diukur dengan hygrometer tetapi dengan perkembangan zaman telah dibuat alat khusus untuk menguji kadar kelembaban dalam kemasan makanan alat tersebut adalah Water Vapor Trandmission Rate(WVTR).

 

Water Vapor Transmission Rate (WVTR) dikenal juga dengan Moisture Vapor Transmission Rate (MVTR) alat ini adalah sebuah metode untuk mengukur jumlah kelemababan atau uap air yang mampu masuk ke dalam lapisan kemasan makanan.

 

W3/060 Water Vapor Transmission Rate Test System

250_250_w3-060

Dalam Water Vapor Transmission Rate (WVTR) yaiu satuan unit yang dipakai dalam metode ini adalah gr/m2-d (berapa banyak (gram) yang masuk ke dalam satuan meter persegi pada 1 hari. Jika kadar ini semakin tinggi, maka nilai (WVTR) maka  kadar permeabilitas kemasan menjadi tinggi juga lalu semakin banyak uap air yang masuk ke kemasan

 

Berikut adalah contoh bagaimana uap air melewati kemasan, sisi sebelah kiri adalah gas nitrogen (N2) dan sebelah kanan adalah air (H2O). jika ada uap air yang melewati lapisan kemasan maka akan terbaca di sisi kiri kemasan karena seharusnya tidak boleh ada uap air di bagian sebelah kiri. metode tersebut adalah gambaran singkat dari suatu alat ukur untuk menentukan nilai WVTR.

 

index

 

Faktor internal untuk nilai WVTR adalah ketebalan bahan, jenis bahan, coating kemasan dan ikatan polimer bahan. Faktor external yang mempengaruhi daya tembus adalah beda tekanan, suhu, dan kelembaban udara. oleh karena itu, pemilihan kemasan dan tempat penyimpanan produk yang sudah dikemas menjadi penting juga untuk menjaga/menahan meningkatnya nilai WVTR.

 

Fungsi Water Vapor Transmission - Banyak industri yang membutuhkan kontrol kelembaban, mulai dari produsen bahan makanan sampai obat - obatan dalam kemasannya di rumahsakit, dengan  Water Vapor Transmission Rate(MVTR) kita dapat memeriksa dan mengukur kelembaban pada suatu produk kemasan untuk mencapai sebuah kualitas produk yang tinggi , keamanan isi bahan makanan, dan umur yang sangat panajng dalam masa penyimpanannya. Dalam pakaian , MVTR sebagai ukuran breathability telah memberikan kenyamanan lebih besar bagi pemakai pakaian untuk aktivitas di luar ruangan.

 

Industri bahan bangunanpun juga perlu mengelola sifat penghalang kelembaban pada komponen arsitektural untuk memastikan tingkat kelembaban yang benar di ruang internal bangunan. Perangkat optoelektronik berdasarkan bahan organik, umumnya diberi nama OLED , memerlukan enkapsulasi dengan nilai WVTR yang rendah untuk menjamin kinerja yang sama selama masa pakai perangkat.

 

Pengukuran

Ada berbagai teknik untuk mengukur MVTR, mulai dari teknik gravimetri yang mengukur keuntungan atau kehilangan kelembaban secara massal, hingga teknik instrumental yang sangat canggih sehingga dalam beberapa desain dapat mengukur tingkat transmisi yang sangat rendah. Perhatian khusus harus dilakukan dalam mengukur zat berpori seperti kain, karena beberapa teknik tidak sesuai. Untuk tingkat yang sangat rendah, banyak teknik tidak memiliki resolusi yang memadai.

 

Berbagai metode standar dijelaskan dalam ISO , ASTM , BS , DIN dll - ini cukup sering spesifik untuk industri. Produsen alat ini seringkali mampu memberikan metode uji yang dikembangkan untuk sepenuhnya memanfaatkan desain spesifik yang mereka jual. Pencarian instrumen yang paling tepat adalah tugas bersemangat yang dengan sendirinya merupakan bagian dari pengukuran.


Kondisi di mana pengukuran dibuat memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap hasilnya. Baik suhu dan kelembaban gradien di seluruh sampel perlu diukur, dikontrol dan direkam dengan hasilnya. Hasil MVTR tanpa menentukan kondisi ini hampir tidak berarti. Tentu tidak ada dua hasil yang harus dibandingkan kecuali jika kondisinya diketahui. Unit internasional yang paling umum untuk MVTR adalah g / m² / hari. Di Amerika Serikat, g / 100in ² / hari juga digunakan, yaitu 0,064516 (sekitar 1/15) dari nilai unit g / m² / hari. Tingkat tipikal dalam laminasi aluminium foil bisa serendah 0,001 g / m² / hari, sedangkan tarif dalam kain bisa mencapai beberapa ribu g / m² / hari.


Seringkali, pengujian penghalang dilakukan pada selembar bahan. Perhitungan berdasarkan itu bisa bermanfaat saat merancang struktur, pakaian, dan paket yang telah selesai. Lapisan, lipatan, jalur akses, dan segel panas sangat penting untuk kinerja penggunaan akhir. Misalnya, segelas botol mungkin memiliki penghalang total yang efektif, namun tutup tutup sekrup dan liner penutup mungkin tidak. Verifikasi dan validasi kinerja kontainer lengkap, struktur, atau objek tidak teratur sering direkomendasikan.


Untuk kasus khusus OLED , di mana tingkat permeasi yang diizinkan berada pada level 10-6 g / m² / hari, metode yang disukai mengeksploitasi oksidasi logam pada paparan air

 

Terima kasih telah mengunjungi web kami, jikaAnda membutuhkan Water vapor transmission atau alat laboratorium lainnya silahakan hubungi kami disini.

 

Untuk informasi harga dan pemesanan,silahkan hubungi bagian marketing kami ;

  • Telp : 021 8690 6782
  • Fax : 021 8690 6781
  • Whats App : 0816 1740 8900
  • Email : sales@anm.co.id
  • Website : http://www.anm.co.id



Produk Terkait dengan artikel Water Vapor Transmission Rate