Home  |   Contact Us
ecoscan_ph_6plus_m1.gif

Fungsi Ph Meter

 

Ph Meter - Ph Meter adalah alat ukur khusus yang digunakan untuk mengukur derajat keasaman atau kebasaan yang umumnya pada cairan. Ph meter digital memiliki elektroda khusus yang memiliki fungsi untuk mengukur Ph bahan-bahan semi padat, elektroda atau Probe pengukuran ini terhubung ke sebuah alat elektronik yang mampu melakukan pengukuran sekaligus menampilkan nilai Ph.

 

Probe atau Elektroda adalah bagian yang cukup penting dari Ph meter, Elektroda merupakan batang yang umunya terbuat dari bahan kaca, pada bagian bawah Elektroda terdapat bohlam, nah bohlam ini merupakan bagian yang sensitif dari Probe yang berisi sensor khusus.


Nah untuk menjaga bohlam tersebut jangan pernah menyentuhnya dentan tangan dan selalu bersihkan dengan kertas tisu atau lap khusus, dalam proses pengukuran larutan, caranya adalah Probe ini dicelupkan ke dalam larutan tersebut lalu Probe tadi dipasang di bagian lengan yang disebut juga “Probe lengan”.


Cara kerja Ph Meter


Ph Meter memiliki cara kerja utama yaitu terdapat pada sensor Probe tadi yang berwujud elektroda kaca atau “Glass Electrode” yang berfungsi mengukur ion H3O+ pada suatu larutan. Pada ujung Elektroda  kaca ini merupakan lapisan kaca yang memiliki tebal 0,1 mm yang berbentuk bulat atau “bulb”.

 

 Nah bagian Bulb ini dipasangkan bersama silinder kaca yang non-konduktor atau bisa juga dengan plastik yang panjang, selanjutnya adalah diisi dengan larutan HCI sebesar “0,1 mol/dm3”. Dalam larutan HCI ada sebuah kawat electrode yang panjang dan berbahan perak pada permukaannya yang membentuk senyawa AgC1. Bentuk konstannya jumlah larutan HC1 dalam system ini akan membuat electrode Ag/AgC1 memiliki nilai yang potensial stabil.

 

Kalibrasi dan penggunaan


Ph Meter memerlukan kalibrasi sebelum digunakan. Dalam penggunaan yang umun Ph Meter harus kalibrasi dan dilakukan diawal waktu. Alasannya adalah karena elektroda kaca tak mampu memberikan “emf” secara mendadak nah elektroda ini membutuhkan jangka waktu yang cukup lama.

 

Kalibrasi pada Ph Meter harus dilakukan minimal dalam dua larutan buffer yang standar untuk dapat menjangkau tingkat rentang nilai pH yang diukur. Dalam tujuan umum buffer pada pH 4 dan pH 10 yang diterima. Ph meter telah digunakan dalam macam – macam sektor industri hingga merambah ke laboratorium pengujian.

 

Anm.co.id memiliki macam – macam produk, jenis, model Ph meter yang berkualitas dan tentunya dengan harga yang kompetitif.

 

Semoga artikel diatas dapat menambah pengetahuan Anda, terima kasih telah mengunjungi web kami. kami menjual Ph meter dengan kualitas yang bagus dan jika Anda membutuhkan Ph meter lainnya dan alat laboratorium lainnya silahkan hubungi kami.

  • Office  : Jl.Radin Inten II No.61A Duren Sawit Jakarta Timur
  • Email  : sales@anm.co.id
  • Telp  : 0816-1740-8900 / (021)-8690-6782
  • Fax  : (021)-8690-6781

 

Tags :  Apa itu Ph meterAlat Ukur Ph Meter, Multiparameter Eutech Pc 700, Laquatwin water quality checkerFungsi Moisture MeterPH Meter Eutech 150Fungsi Ph meterwater quality checkerCompact Salt Meter LAQUAtwin B-721Portable pH/ORP/ION meter D-73Compact Conductivity meter LAQUAtwin B-771Compact Nitrate Meter LAQUAtwin B-741/742/743bagian-bagian ph meterph meter fungsicara kerja ph meterdaftar harga ph meter digitalph meter pdfcara menggunakan ph meterph meter tanahjenis ph meter




Produk Terkait dengan artikel Fungsi Ph Meter