Home  |   Contact Us
Sejarah-Mikroskop.jpg

Sejarah Mikroskop

Sejarah Mikroskop – Menurut sejarah yang tercatat didunia bahwasannya pembuat pertama kali adalah Zacharias Janssen, Zacharias Janssen itu sendiri adalah seorang yang memiliki pekerjaan memperbaiki kaca mata. Dibantu juga oleh Hans Janssen mereka mampu menciptakan mikroskop pertama pada tahun 1590, Mikroskop buatan mereka saat itu hanya mampu melihat perbesaran pada objek 150 kali dari ukuran asli.

 

Alat penemuan mereka itu mendorong seorang ilmuan terkenal yaitu Galileo Galilei(Italia), untuk membuat alat yang serupa, pada tahun 1610 Galileo mengatakan dirinya sebagai orang yang menciptakan mikroskop pertama kali. Galileo menyelesaikan mikroskop miliknya pada tahun 1609 dan diberi nama sebagai Mikroskop Galileo.

 

Mikroskop jenis ini menggunakan sebuah lensa optik, akan tetapi lensa ini memiliki batasan pembesaran hal ini karena sebuah limit difraksi dari cahaya yang masuk yaitu panjang gelombang cahaya ini hanya mencapai 200 nanometer. Karena itu mikroskop ini tidak mampu mengamati perbesaran benda dibawah 200 nanometer.

 

Kemudian ada seorang ilmuan berkebangsaan Belanda bernama Antony Van Leeuwenhoek yang melanjutkan pengembangan kinerja pembesaran mikroskopis, sebenarnya Antony Van Leeuwenhoek bukanlah seorang ilmuan atau peneliti dia hanya seorang “Wine tester” seorang penilai cita rasa minuman anggur dan dia sering mengamati serat – serat pada kain alas botol anggur dan hal itulah yang membawa dirinya menjadi seorang penemu mikrobiologi.

 

Antony Van Leeuwenhoek menggunakan mikroskop ini untuk mengamati aliran air di sungai, air hujan, ludah hingga feses. Dirinya tertarik melihat hal – hal kecil tak kasat mata bahkan dirinya melihat benda- benda kecil yang dapat bergerak, ia menyebut benda – benda kecil tersebut dengan nama “animalcule” yang menurut dirinya adalah hewan terkecil yang pernah ia lihat. Karena hal itu  Antony jadi lebih bersemangat lagi dan menciptakan lensa baru dengan menumpuk sejumlah lensa dengan lempengan perak kemudian  Antony membuat 250 Mikroskop yang memiliki kemampuan 200 – 300 kali pembesaran.

 

Leewenhoek mencatat risetnya lalu hasil pengamatannya dikirim British Royal Society. Salah satu isi pengamatan tanggal 7 September 1674 itu bahwa adanya hewan terkecil yang saat ini dikenal dengan protozoa, antara tahun 1963 hingga 1723 Leewenhoek  menulis lebih dari 300 surat hasil pengamatannya, penemuan-penemuannya membuat dunia tau bahwa terdapat  bentuk kehidupan yang sangat kecil lalu menghasilkan ilmu mikrobiologi.

 

Mikroskop Cahaya

Pada mikroskop Leewenhoek terdapat kekurangan pada kekuatan lensa cembung maka digunakan lensa pendukung didepan mata pengamat yang disebut eyepiece maka obyek dari lensa pertama disebut lensa obyektif, Pada perkembangan selanjutnya pengatur jarak antara kedua lensa ditambahkan cermin atau sumber pencahayaan lain dan penadah objek dapat dapat digerakkan semua hal tersebut kemudian dijadikan menjadi satu mikroskop sempurna yaitu mikroskop cahaya atau disebut juga Light Microscope (LM). Mikroskop cahaya  modern mampu melalukan pembesaran hingga 1.000 kali dan memungkinkan mata manusia membedakan dua buah obyek yang saling  berjarak sekitar 0,0002 mm (disebut daya resolusi 0,0002 mm).

 

Mikroskop Elektron

Pada tahun 1920 terjadi fenomena dimana elektron yang dipercepat dalam suatu kolom elektro-magnet dalam keadaan hampa udara atau vakum, dengan panjang gelombang 100.000 kali lebih kecil dari cahaya dan ditemukan bahwa padaa medan listrik dan juga medan magnet dapat berguna sebagai lensa dan cermin yang terdapat elektron mirip seperti yang ada lensa gelas dalam mikroskop cahaya.

 

Jika kita ingin melihat benda dengan ukuran di bawah 200 nanometer  maka harus menggunakkan mikroskop dengan panjang gelombang pendek dari ide ini munculah perkembangan di tahun 1932 mikroskop elektron maju berkembang. Mikroskop elektron menggunakan pantulan sinar elektron yang panjang gelombangnya lebih pendek dari cahaya sebab itu mikroskop elektron ini mempunyai pembesaran obyek(resolusi) yang lebih tinggi dibandingkan mikroskop optik bahkan pembesaran pada objek hingga 2 juta kali ukuran asli, dengan menggunakan gelombang elektro-statik dan elektro-magnetik untuk mengontrol pencahayaan dan tampilan gambar juga memiliki kemampuan pembesaran objek serta resolusi yang jauh lebih bagus daripada mikroskop cahaya.

 

Mikroskop elektron juga menggunakan lensa untuk pembesaran tetapi bukan seperti pada mikroskop jenis optik melainkan menggunakan lensa dari jenis magnet karena medan magnet ini mampu mengontrol dan mempengaruhi elektron yang melaluinya sehingga mampu menggantikan sifat lensa pada mikroskop optik dan hal ini juga dapat dilakukan dalam kondisi hampa udara (vacuum) karena sinar elektron akan terhambat alirannya bila bertemu molekul-molekul yang ada di udara normal. Dengan adanya ruang pengamatan yang vacuum, tumbukan elektron-molekul bisa terhindarkan. Dengan mikroskop elektron yang mempunyai perbesaran lebih dari 10.000x, kita dapat melihat objek mikroskop dengan lebih detail. Perkembangan mikroskop ini mendorong berbagai penemuan di bidang biologi, seperti penemuan sel, bakteri, dan partikel.

 

Semoga artikel diatas bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan Anda

Jika Anda berminat membeli mokroskop silahkan hubungi kami disini.

 

  • Office : Jl.Radin Inten II No.61A Duren Sawit Jakarta Timur
  • Telp : 021-8690-6782
  • Fax : 021-8690-6781
  • Phone : 0816-1740-8900
  • Email : sales@anm.co.id

 

Tags : sejarah mikroskop pdfjurnal sejarah penemuan mikroskopsejarah mikroskop wikipediamakalah sejarah perkembangan mikroskoppengertian mikroskop menurut para ahlisebutkan dan jelaskan macam macam mikroskopjenis jenis mikroskoppenemu mikroskop elektronTips merawat mikroskop, Mikroskop Stereo,  Preparat MikroskopFungsi dan bagian bagian mikroskopPreparat BiologiPreparat ZoologiPreparat BotaniPreparat Mitoses dan MiosesPreparat ParasitologiPreparat HistologiPreparat MikrobiologiPreparat Cell BiologiPreparat EmbriologiCara merawat MikroskopMikroskop StereoPreparat UniversitasMikroskop Disgital, Preparat BotaniPreparat HistologiFungsi Pipet TetesBagian Mikroskop Binokuler Beserta Fungsinya, Kelebihan Dan Kekurangan Mikroskop Digital, Mikroskop stereo berguna untuk melihat suatu dengan realistis gambar tiga dimensi dari seluruh objek, Mikroskop stereo, mikroskop binokuler, pengertian mikroskop, Cara Menggunakan Mikroskop&Perawatan Mikroskop, Apa itu Mikroskop Stereo?,  Sejarah Penemuan Mikroskop, Manfaat dari Mikroskop Siswa, Kenali Mikroskop Anda?,  Penemu Mikroskop Resolusi Tinggi Menangi Nobel Kimia, Sejarah Mikroskop part 1,  Sejarah Mikroskop Part II, Mengenal Mikroskop Elektron, Indonesia dapat Hibah 5 microscope seharga 5 Milyar !!, Mengenal Preparat secara Garis Besar, Cara Membuat dan Mengamati Preparat Mikroskop, Mengenal Preparat Mikroskop, Apa sih mikroskop stereo itu ?,   Cara Menggunakan Mikroskop Siswa, Ciri-Ciri Mikroskop Cahaya, Jenis – Jenis Mikroskop, Cara merawat Mikroskop, Mengenal bagian – bagian Mikroskop ?,  Mendeteksi Bakteri Mikroskop Solusinya




Produk Terkait dengan artikel Sejarah Mikroskop