Home  |   Contact Us
250_250_pHSpear-m.jpg

Alat ukur Ph

Ph meter - Ph adalah kadar derajat keasaman yang berfungsi sebagai penunjuk tingkat keasaman dan kebasaan yang dimiliki suatu larutan atau benda. Ph ini didefiniskan sebagai kologaritma aktivitas yaitu ion hydrogen (H+) yang terlarut. Ph ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang kimiawan Denmark Soren Peder Lauritz Sorensen tahun 1909.

 

Fungsi Ph bagi kehidupan manusia, derajat keasaman ini fungsinya untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan, didalam tubuh manusia komponen yang paling banyak yaitu air. Cairan tubuh ini juga memiliki kadar keasaman atau Ph yang secara alami memang tubuh dapat mengatur kadar ph nya sendiri tidak kurang dari pH 7,3 dan tidak lebih dari pH 7,45 akan tetapi Ph ini akan terpengaruh pada apa yang kita makan dan apa yang kita minum.

 

Maka dari itu sangat berpengaruh sekali Ph ini terhadap kehidupan manusia karena jika manusia tidak mampu mengetahui ph dalam tubuhnya sendiri, tubuh tersebut dapat terkena penyakit karena kelebihan atau kekurangan ph.

 

Contoh penyakit yang membahayakan tubuh karena PH terlalu asam


Asiodosis saat kondisi tubuh manusia terlalu asam, hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan CO2 atau yang sering kita sebut karbonmonoksida. Nah hal ini menyebabkan manusia mengalami sesak atau sulit bernafas yang akan mengurangi kadar oksigen karena penumpukan karbon ini tubuh mudah lelah, sakit kepala, nyeri, flu, pilek, bahkan sampai kulit melepuh juga mampu menyebabkan sinus yang parah, jika hal ini terus terjadi maka sel – sel dalam tubuh akan rusak yang berujung pada kematian.


Contoh penyakit yang membahayakan tubuh karena kadar PH terlalu Basa


Basa adalah lawan (dual) dari asam, yaitu saat ph lebih dari 7, jika tubuh terlalu basa maka akan mnyebabkan alkalosis. alkalosis dipicu oleh penurunan konsentrasi ion hydrogen.

Alkalosis terbagi dua; pernapasan dan metabolik.

 

Alkalosis pernapasan ini dapat menyebabkan hiperventilasi yaitu saat kadar karbondioksida dalam darah berkurang dari kebutuhan normal manusia.

 

Alkalosis metabolik hal ini dipicu karena kehilangan asam klorida dalam perut akibat muntah contohnya. Tubuh yang bersifat telalu basa berdampak kram dan kelemahan otot hingga sembelit, dampak terparah dari Alkalosis metabolik  adalah hipokalemik yaitu kondisi tubuh kekurangan gula.

 

Dari berbagai hal diatas kita ketahui bahwa asam itu berpengaruh dalam kehidupan manusia mulai dari makanan dengan  olahan yang tidak sehat hingga minuman beralkohol,mengonsumsi obat-obatan berlebih dapat menyebabkan tingkat keasaam tubuh naik. Terlepas dari hal itu bahwa stres juga dapat memicu keasaman pada tubuh, hal itu termasuk kurang tidur, jarang berolahraga, dan stress terlalu besar dapat memicu gangguan kadar keasaman tubuh.

 

Dari hal diatas dapat disimpulkan bahwa, kita harus mampu mengetahui derajat keasaman dari makan dan minuman yang kita konsumsi. Lalu bagaimana cara mengukur kadar Ph tersebut, kita dapat mengukur kadar Ph dengan alat yang bernama Ph meter. PH Meter adalah alat pengukuran keasaman atau kebasaan air tapi tidak hanya pada air minum tetapi sampai pada food processing, kadar asam kolam renang, Laboratorium, industri, rumah sakit, seperti halnya Ph meter Eutech waterproof pH Spear dengan elektroda berbentuk tombak yang kuat, tip pori sensor terbuk, tester yang kasar dan mudah digunakan yang ideal untuk pengukuran langsung sampel padat atau semi padat seperti keju, daging, buah, roti dan contoh sejenis lainnya.

Fitur

- Layar tampilan Besar - 27mm (H) x 21 mm (W) : layar LCD besar memudahkan dibaca bahkan jika tester dipegang dari kejauhan.


- One Hand Operation - Satu operasi tangan dimungkinkan dengan elektroda nirkabel. Lubang memungkinkan Anda melampirkan lanyard untuk portabilitas yang lebih besar.


- Tahan Air, Desain Ribbed Unik - IP67 tahan air melindungi dari kelembaban tinggi atau kondensasi. Desain berusuk yang unik memastikan pegangan yang kencang saat basah atau berminyak.


- User-Replaceable Sensor - Dengan elektrode yang dapat diganti, Anda dapat menggunakan kembali penguji dan menghemat uang dari waktu ke waktu. Desain sensor twist-off memungkinkan penggantian elektroda yang mudah.

Spesification

Product Specification

Deskripsi
Jangkauan pH -1.00 to 15.00 pH
Resolusi 0.01 pH
Akurasi 0.01 pH
Nomer Poin Kalibrasi Up to 3 points
Pilihan Penyangga pH
USA - pH 4.01, 7.00, 10.01; NIST - pH 4.01, 6.86, 9.18
LCD Display Dual display dengan battery indikator, error messages/codes
Spesial Fungsi Tampilan Khusus Ganda yang Besar, Diagnostik Otomatis; Peganga fungsi; Sistem Mati Otomatis setelah 8,5 menit
Power 4 x 1.5V alkaline button cell batteries; >500 hrs

 

Nah bagaimana sudah mengerti pentingya kadar keasaman bagi tubuh manusia, terima kasih telah mengunjungi web kami.

Ph meter Eutech waterproof pH Spear adalah salah satu alat yang kami jual jika Anda membutuhkan Ph meter lainnya dan alat laboratorium lainnya silahkan hubungi kami :

 

Office  : Jl.Radin Inten II No.61A Duren Sawit Jakarta Timur

Email  : sales@anm.co.id

Telp  : 0816-1740-8900 / (021)-8690-6782

Fax  : (021)-8690-6781

 

Tags : PH Meter Eutech 150Fungsi Ph meter, water quality checker, Compact Salt Meter LAQUAtwin B-721Portable pH/ORP/ION meter D-73Compact Conductivity meter LAQUAtwin B-771Compact Nitrate Meter LAQUAtwin B-741/742/743




Produk Terkait dengan artikel Alat ukur Ph