Home  |   Contact Us
laboratory.jpg

Labu Erlenmeyer

 

Laboratorium sering disingkat Lab, laboratorium ini erat sekali dengan hal penelitian ilmiah atau hal – hal yang berhubungan dengan sains dan biologi. Laboratorium ini memiliki pengertian sebuah ruangan khusus untuk melakukan aktivitas penelitian, percobaan sampai penyimpanan suatu bahan khusus.

 

Laboratorium sendiri terbagi menjadi banyak jenis tergantung pada apa yang di lakukan di dalam laboratorium itu sendiri, contohnya laboratorium film  atau yang sering disebut kamar gelap untuk melakukan proses pencetakan foto secara manual dan ada juga laboratorium komputer yang didalamnya berisi komputer dan hal – hal yang berkaitan dengannya.

 

Laboratoium sendiri tak lepas dari seperangkat alat yang disebut alat – alat laboratorium atau disingkat alat labor, Alat – alat laboratorium ini sendiri juga berbeda – beda tergantung pada fungsi laboratorium itu sendiri, seperti alat – alat laboratorium kimia. Alat – alat laboratorium kimia umumnya terdiri dari gelas kimia atau gelas yang dibuat khusus untuk tujuan pengujian bahan kimia.

 

Gelas kimia adalah seperangkat wadah atau tempat untuk pengujian bahan kimia, gelas kimia ini juga dapat digunakan untuk melarutkan suatu zat  misalkan preaksi / reagen untuk proses analisa kimia dengan tujuan uji kualitatif atau hanya untuk pembuatan larutan standar yang lainnya, gelas ini memilii banyak jenis dan ukuran.

 

Fungsi utama gelas kimia adalah tempat untuk melarutkan zat. Selain itu gelas kimia juga berfungsi sebagai wadah untuk menampung dan menyimpan larutan sekaligus untuk memanaskannya.

 

Jenis-jenis Gelas Kimia

1.Berdasarkan bentuk nya, gelas kimia ada dua jenis yaitu low form dan tall form
2.Berdasarkan segi bahan ada yang ter buat dari plastik dan terbuat dari kaca
3.Berdasarkan ketahanan panasnya ada gelas kimia yang tahan panas dan gelas kimia yang tidak tahan panas

 

Salah satu jenis gelas kimia adalah Labu Erlenmeyer. Fungsi utama Labu Erlenmeyer adalah untuk proses titrasi dan juga digunakan menampung larutan yang akan dititrasi. Dalam aspek mikrobiologi, Labu Erlenmeyer ini digunakan sebagai wadah pengembangbiakan mikroba tetapi Labu erlenmeyer ini tidak bisa digunakan untuk mengukur volume.

 

ef70beb0-0064-495d-b40c-630086553eb3w.png

 

Umumnya ada fungsi utama yang membuat Labu Erlenmeyer ini banyak di pergunakan yaitu :

 

  • Proses mengukur dan mencampur bahan-bahan analisa,
  • Wadah menampung, bahan padat ataupun cairan,
  • Wadah meracik dan melarutkan bahan-bahan komposisi media,
  • Wadah kultivasi mikroba dalam kultur cair,
  • Wadah untuk melakukan titrasi bahan
  • Erlenmeyer dengan tutup asah untuk titrasi dengan pengocokkan kuat, dihubungkan dengan alat ekstraksi, alat destilasi dan sebagainya.
  • Erlenmeyer tanpa tutup asah untuk titrasi dengan pengocokkan lemah sampai sedang.

 

Labu Erlenmeyer memiliki bentuk kerucut,  jenis labu laboratorium yang umum dipergunakan. Yaitu berbentuk kerucut dengan leher panjang yang silinder dan dilengkapi dengan dasar yang datar sebagai tumpuan untuk berdiri.

 

Labu Erlenmeyer terbuat dari kaca borosilikat yang dapat dipanaskan oleh api atau diperangkat autoklaf(pemanas). Erlenmeyer dibuat dalam berbagai ukuran ada Erlenmeyer 25 mL, 50 mL, 100 mL, 125 mL, 500 mL, dan 1000 mL. Biasanya Erlenmeyer tidak dilengkapi tutup.

 

Cara kerja Erlenmeyer cukup mudah yaitu dengan tutup asah digunakan untuk pencampuran reaksi dengan pengocokkan yang kuat yang digunakan untuk proses pencampuran reaksi dengan kecepatan lemah.

 

Apakah Anda sudah mengerti dengan penjelasan berikut? Terimakasih atas kunjungan Anda, tadi adalah contoh alat yang kami jual, jika Anda berminat silahkan hubungi kami disini.

 

  • Office : Jl.Radin Inten II No.61A Duren Sawit Jakarta Timur
  • Telp : 021-8690-6782
  • Fax : 021-8690-6781
  • Phone : 0816-1740-8900
  • Email : sales@anm.co.id

 

Tags : Alat - Alat Biologi, Gold Meter, Fungsi Desikator, Fungsi Moisture Meter, Desiccator Auto DryDissolved Oxygen Meter, Oven Binder, Fungsi Densimeter, Fungsi MED-01 Medical Packaging Tester labthink, Larutan Buffer, Fungsi Incubator, Gold Tester, Timbangan Laboratorium, Preparat Mikroskop, Quick Digital Gauge, laquatin water quality checker, Fungsi Autoclave, Thermohygrometer, Auto tensile tester, Laboratory spatula, Amonium Asetat, PH Meter, Water Bath, Water Vapor Rate, Thickness Tester, Climatic Chamber, Apa itu Piknometer, Pengukuran Air Permeabilitas Uap, Cara menggunakan Oven Binder




Produk Terkait dengan artikel Labu Erlenmeyer