Home  |   Contact Us
624px-Asztal.jpg

Alat - Alat Biologi

 

 

Biologi adalah tatanan ilmu yang didalamnya mempelajari segala aspek tentang kehidupan kakhluk hidup, pada dasaranya kata biologi itu diambil dari dua kata “Bio” artinya hidup dan “logi” artinya ilmu.

 

Biologi ini termasuk aspek ilmu tertua yang sudah dikenal sejak era prasejarah. Biologi ini sendiri memiliki aspek ruang lingkup yang cukup luas karena tidak hanya mempelajari mahkluk hidup saha tetapi juga mendalam mempelajari tentang komponen – komponen kehidupan yang ada dan berhubungan dengan makhluk hidu itu sendiri.

 

Biologi sendiri tak lepas dari uji dan praktek dimana dalam pelajaran biologi ini menggunakan praktek untuk dapat mengetahui beberapa fakta ilmiah tentang keadaan sesuatu benda atau makhluk hidup, maka dari itu dibutuhkan tempat khusus untuk melakukan percobaan Biologi ini tempat tersebut adalah laboratorium.

 

Laboratorium merupakan tempat penelitian, percobaan, Experiment yang pada dasarnya berhubungan dengan ilmu Sains, Fisika, Kimia dan Biologi. Di laboratorium terdapat berbagaimacam alat, alat ini dinamakan alat laboratorium biologi pada dasarnya alat ini adalah penunjang bagi kegiatan di laboratorium. Alat – alat Laboratorium ini memiliki jenis dan fungsi yang beraneka ragam, dari alat yang berguna untuk menyimpan cairan kimia, alat ukur benda, alat pemotong hingga alat untuk melihat benda mikro(benda yang kecil).

 

Mikro memiliki artian kecil atau objek yang sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan alat tertentu, alat tersebut adalah mikroskop, mikroskop ini banyak di jumpai di laboratorium, ada yang digunakan di rumah sakit sampai mikroskop yang di gunakan oleh sisawa disekolah. Mikroskop itu sendiri memliki pengertian alat yang dipergunakan untuk melihat objek kecil yang tak bisa dilihat oleh mata, atau dalam bahasa yunani mikroskop terdiri dua kata Micros artinya kecil dan Scopien artinya melihat jadi mikroskop memiliki fungsi untuk melihat benda atau onjek kecil dan dalam ilmunya sendiri bernama Mikroskopik.

 

Mikroskop dibagi menjadi dua, yaitu, mikroskop cahaya dan mikroskop elektron.

 

MACAM-MACAM MIKROSKOP
Secara Umum berdasarkan sumber energi yang dimanfaatkan terdapat empat jenis mikroskop, yaitu :


A. Mikroskop Cahaya
Mikroskop cahaya: ”Memiliki dua jenis lensa yaitu obyektif dan okuler, sistem kerjanya dibantu dengan cara pantulan cahaya yang menembus obyek yang diamati dan mampu memperbesar bayangan obyek hingga 1000 X”


B. Mikroskop Binokuler
Mikroskop binokuler(stereo) mampu memperjelas rincian permukaan obyek karena bayangan yang diperoleh pengamat merupakan pantulan cahaya yang jatuh dipermukaan obyek;perbesaran bayangan obyek mencapai 30x.”

 

C. Mikroskop Elektron
Mikroskop elektron mempunyai daya resolusi (kemampuan daya beda mata manusia) sangat tinggi (0,1 nm), mampu memperbesar bayangan obyek hingga jutaan kali,bayangan benda dilihat pada layar monitor.


D. Scanning Electron Microscope
Scanning Electron Microscope (SEM) yang digunakan untuk studi detail arsitektur permukaan sel atau struktur  jasad renik dan obyek teramati secara tiga dimensi

 

Ada dua bagian utama yang umumnya menyusun mikroskop, yaitu:

  • Bagian optik, yang terdiri dari lensa objektif dan lensa okuler.
  • Bagian non-optik, yang terdiri dari kaki dan lengan mikroskop, diafragma, meja objek/meja preparat, pemutar halus dan kasar, penjepit kaca objek (preparat),cermin, kondensor, dan sumber cahaya.

Dan ada benda yang tak luput penting dari fungsi mikroskop t

ersebut benda itu adalah Preparat. Preparat adalah Salah satu aksesoris atau spareparts dari Mikroskop yang berfungsi sebagai wadah untuk menaruh bagian atau sel makhluk hidup yang tidak dapat terlihat oleh mata.jadi preparat ini fungnya cukup penting karen menjadi tumpuan untuk objek yang diamati dan preparat ini bisa diganti – ganti sesuai kebutuhan dan kegiatannya Preparat ini dibagi menjadi 3 jenis.

 

Preparat terbagi menjadi 3 jenis yaitu :

  • Prepat Biologi : Preparat Biologi adalah Preparat yang terdapat sel atau bagian tubuh manusia atau makhluk hidup. Contohnya : sampel darah manusia
  • Preparat Zoologi : Preparat Zoologi adalah Preparat Yang terdapat sel, bagian, maupun hewan yang tidak bisa dilihat melalui kasat mata. Contohnya : amoeba, plankton
  • Preparat Botani : Preparat Botani adalah Preparat yang terdapat sel dan bagian-bagian pada tumbuhan.

 

Apakah Anda sudah mengerti dengan penjelasan berikut? Terimakasih atas kunjungan Anda, tadi adalah contoh alat yang kami jual, jika Anda berminat silahkan hubungi kami disini.

 

  • Office : Jl.Radin Inten II No.61A Duren Sawit Jakarta Timur
  • Telp : 021-8690-6782
  • Fax : 021-8690-6781
  • Phone : 0816-1740-8900
  • Email : sales@anm.co.id

 

Tags: Alat - Alat BiologiGold Meter, Fungsi DesikatorFungsi Moisture MeterDesiccator Auto DryDissolved Oxygen MeterOven Binder, Fungsi DensimeterFungsi MED-01 Medical Packaging Tester labthinkLarutan BufferFungsi IncubatorGold TesterTimbangan LaboratoriumPreparat Mikroskop, Quick Digital Gauge, laquatin water quality checkerFungsi AutoclaveThermohygrometerAuto tensile testerLaboratory spatulaAmonium AsetatPH MeterWater BathWater Vapor RateThickness TesterClimatic ChamberApa itu PiknometerPengukuran Air Permeabilitas UapCara menggunakan Oven Binder




Produk Terkait dengan artikel Alat - Alat Biologi