Home  |   Contact Us
csm_u-50_03_d72ba5a66e.jpg

Water Quality Checker atasi masalah air bersih

 

Banjir rob masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. Kali ini rob melanda Terminal Terboyo hingga bus tidak bisa masuk.

Dari halaman terminal, air rob menggenang di atas mata kaki, di bagian dalam terminal rob lebih dangkal. Namun di lokasi parkir bus, air menggenang hampir selutut orang dewasa.

Warung-warung di terminal memilih tutup dan hanya beberapa warung yang nekat buka. Salah satu pemilik warung, Salome Sartini (62) mengatakan kondisi rob di terminal sudah terjadi 4 hari dan 2 hari terakhir merupakan yang terparah.

"Kemarin masih ada bus masuk, sekarang sudah enggak ada, di luar semua," kata Sartini kepada detikcom, Jumat (2/6/2017).

Menurut Sartini, rob sudah lama tidak masuk ke terminal, dan jika ada rob di terminal, proses surutnya tidak sampai satu hari. Ia pun heran dengan kondisi rob saat ini.

"Ini rob karena apa? Apa karena hujan kemarin? Apa karena ada proyek?" tandasnya.

"Semoga tidak sampai mudik," imbuhnya.

Tapi menurut Sartini ada perubahan kondisi rob karena jalan di sisi Utara terminal kini sudah tidak rob lagi. Air seolah masuk dari Selatan atau dari arah Pantura.

"Sebelah sana (Utara) dulu rob, sekarang sudah tidak," ujarnya.

Penanganan rob sebenarnya sedang berlangsung tidak jauh dari terminal. Di jalan arah masuk terminal, ada proyek peninggian parapet. Pompa pun diaktifkan di sisi jalan Pantura Terboyo.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan proses penanganan rob terus dilakukan. Pihaknya beberapa waktu lalu juga meninjau proses penanganan rob di Jalan Pantura-Kaligawe dan mencari kebocoran yang masih ada.

"Ini langkah sementara untuk menjadikan jalur mudik Pantura-Kaligawe kering. Hasilnya signifikan, genangan rob berkurang drastis. Memang, masih ada sedikit kebocoran, dari Balai Besar Wilayah Sungai akan menyempurnakan," terang Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu.

Menurut Balai Besar Wilayah Sungai Pemali-Juana, genangan yang terjadi karena masih ada celah untuk air laut masuk ke darat. Celah tersebut berada di belakang Unissula hingga di belakang Terminal Terboyo.

Banjir tak hanya menyebabkan masalah pada akses jalan tetapi juga menyebabkan masalah air bersih, saat banjir air bersih merupakan maslah utama yang di hadapi masayarakat yang terkena banjir. Air bersih sulit di cari karena saat banjir air/sumber air tercampur dengan sampah dan material - material lainnya yang menyebabkan ar terkontaminasi oleh bakteri.

 

Tetapi masih banyak orang yang tak bisa membedakan air bersih dan air yang sudah tercemar karena meski air telah tercemar masih ada air yang berwarna jernih dan membuat orang bingung membedakannya.


Apakah Kita dapat membedakan air yang sudah tercemar dengan yang masih bersih?

 

Ada alat yag dapat kita gunakan untuk menentukan apakah air tersebut masih bersih atau tidak, alat itu adalah Water Quality Checker,  Mungkin banyak orang yang masih asing dengan alat  U-50 Multi-parameter Water Quality Checker dan banyak orang masih belum mengetahui kegunaan atau fungsi dari alat ini, pada artikel minggu kemarin saya menulis tentang Fungsi U-50 Multiparameter Water Quality Checker ? 


csm_u-50_03_d72ba5a66e.jpg

 

U-50 Multi-parameter Water Quality Checker  adalah salah satu product dari Horiba, yang memiliki fungsi utama sebagai alat ukur kualitas air, diantaranya untuk mengukur suhu, kekeruhan air,oksigen terlarut,konduktivitas,pH,potensial reduksi-oksidasi (ORP) , kedalaman air dan sebagai GPS.

Pada seri ini dilengkapi dengan sensitivitas tinggi kekeruhan meter yang sesuai dengan EPA Metode 180,1, sehingga  mudah-mempertahankan elektroda oksigen terlarut. Oksigen terlarut elektroda dan konduktivitas fitur diperluas  dengan range pengukuran untuk konsentrasi tinggi. Dibanding dengan seri sebelumnya seri ini lebih lengkap dalam tampilan data. 

 

Alat ini memiliki unit tampilan dan probe sensor dengan masing-masing memiliki berat 0,8 kg dan 1,8 kg, komponen-komponen ini terhubung dengan kabel panjang yang panjang maksimumnya 30 m, yang nantinya sensor probe ini dikerahkan ke pengukuran air dan dapat mengukur hingga kedalaman 30 m.  

 

U-50 series Multi-parameter water quality checker memungkinkan untuk mengukur dan menunjukkan hasil pemantauan secara simultan hingga 11 parameter dengan satu unit. Desain yang tangguh & tangguh, dengan mempertimbangkan pemantauan lapangan yang ramah pengguna di lokasi, seperti rive, air tanah, air drainase, dan sebagainya, menyatukan fitur fungsi dan kinerja, yang mempermudah pengoperasian semua orang.



Produk U-50 Series fitur

 
Unit Kontrol
Desain Unit Kontrol untuk Operasi Lapangan

  • Fitur kalibrasi otomatis memberikan kalibrasi bebas gangguan pH, oksigen terlarut, konduktivitas, kekeruhan dan kedalaman.
  • Shock resistant cover didesain untuk perawatan kasar di lapangan dan mudah dibersihkan.
  • Kabel dapat dengan mudah dihubungkan dan terputus dengan pemasangan cepat.

 

Manajemen data

  • Fungsi penahan otomatis membekukan nilai data rata-rata di layar untuk menawarkan lebih banyak waktu untuk memverifikasi atau mentranskripsikan data.
  • Fungsi diagnostik memberitahu pengguna tentang kesalahan.
  • Sambungan USB Integral untuk transfer data ke PC. Kabel USA dijual terpisah dan termasuk perangkat lunak.
  • Unit pengukuran yang dapat dipilih memungkinkan operator untuk melaporkan data tanpa perlu mengubah data ke unit pengukuran yang diinginkan.


 
Unit Probe Sensor
Beberapa Sensor Bertahan di Setiap Probe

  • Beberapa sensor memungkinkan pengukuran 11 parameter secara bersamaan (pH, pH (mv), ORP, DO, COND, Salinity, TDS, Spesies Air Laut Spesifik, Suhu, Kekeruhan, Kedalaman Air).
  • Sensor kekeruhan U-53 sesuai dengan metode US EPA 180.1. Presisi telah diperbaiki dari instrumen konvensional. Model U-53 presisi tinggi mengajukan sensor kekeruhan tergantikan dengan wiper yang memiliki resolusi 0,01 NTU.
  • Sensor kekeruhan U-54 sesuai dengan EN ISO 7027. Model U-54 memiliki resolusi sebesar 0,01 NTU.
  • Peningkatan stabilitas sensor oksigen terlarut telah dicapai dengan desain elektroda 3 baru untuk respon cepat dan sensor polarografi untuk kemudahan perawatan.
  • pH dan elektroda ORP dapat diganti secara individual untuk mengurangi biaya penggantian



Produk Terkait dengan artikel Water Quality Checker atasi masalah air bersih