Home  |   Contact Us
250_250_pt-cahayatiara-mustika-scientific-indonesia_grgkh_1176_xl1.jpg

Desiccator Auto Dry OL-3S As One

 

Desikator merupakan wadah yang terbuat dari bahan gelas kedap udara dan mengandung desikan yang berfungsi menghilangkan air dan kristal hasil pemurnian. Desikator atau disebut juga bejana tertutup berisi zat pengering untuk mengeringkan zat-zat lain, zat tersebut biasanya asam sulfat, kalsium klorida atau gel silica dan juga dipakai untuk menyimpan zat dalam keadaan kering


Desikator terdiri dari 2 bagian, pada bagian bawah diisi bahan pengering seperti silika gel sehingga uap air saat pengeringan dapat diserap penuh oleh gel silika. Dibagian atas digunakan untuk tempat pengeringan. Desikator adalah alat yang berbobot dan untuk membuka tutupnya harus dengan menggeser karena di sekeliling dilapisi vaselin.


Desikator yang cukup baik dalam segi proses pengeringannya adalah Desiccator Auto Dry OL-3S As One, pada Desikator jenis ini memiliki dimensi bagian dalam 300x300x440 mm dan untuk bagian luar 310x359x450 mm, Desiccator Auto Dry OL-3S As One hanya memerlukan daya sebesar 3W dari power yang dibutuhkan sebesar AC100 50 / 60Hz, dilengkapi dengan 2 rak papan aksesoris dan 5-stage, rak pitch 70mm shelf support yang menjadikannya cukup lebar dan memiliki banyak ruang. Pada metode Dehumidifikasi terdapat Membran elektrolit polimer padat, dan pelepasan elektrolisis H 2 O yang mempercepat proses desikasi.


Desikasi adalah cara pengeringan zat padat, zat cair, gas yang mengandung air sedikit sekali dengan menggunakan zat yang mengandung air atau uap air lebih sedikit dari pada zat-zat yang akan dikeringkan. Sehingga, desikasi adalah pengeringan dengan jalan penyerapan air yang dikandung sesuatu zat oleh zat-zat lain. Zat-zat yang digunakan untuk pengeringan disebut desikan (desiccant) yang dapat berupa zat padat atau zat cair.


Desikator harus diisi dengan zat pengadsopsi yang sesuai dengan jenis pelarut yang digunakan, pelarutnya senyawa hidrokarbon, maka isi desikator yang sesuai ialah parafin. Apabila pelarutnya asam asetat maka dapat diisi desikatornya pengadsopsinya NaOH atau KOH pellet.