Home  |   Contact Us
250_250_ox2-231.jpg

Pengujian Botol Minuman Berkarbonasi

 

Apa itu Minuman Verkarbonasi?


Minuman berkarbonasi adalah minuman tidak memiliki kandungan alkohol yang mengalami proses karbonasi. Di seluruh belahan bumi, minuman berkarbonasi memiliki beberapa nama populer yang berbeda-beda.

 

Contoh, di Amerika Serikat, dikenal dengan nama soda, soda pop, pop atau tonik, di Inggris dikenal dengan fizzy drinks, di Kanada dikenal dengan Soda atau Pop saja. Sedangkan di daerah Ireland, mereka menyebutnya Minerals.

 

Sejarah Singkat Mineral Berkarbonasi

 

Pada tahun 1770an, seorang ilmuwan berhasil menciptakan suatu proses untuk menghasilkan air mineral berkarbonasi. Adalah seorang berkebangsaan Inggris bernama Joseph Priestley yang berhasil memproses air hasil destilasi dan mencampurnya dengan CO2. Ilmuwan Inggris yang lain adalah John Mervin Nooth, yang berhasil memperbaiki hasil penemuan Priestley dan menjualnya secara komersial alat untuk memproduksi air soda yang pertama untuk digunakan di bidang farmasi.

 

Karbonasi merupakan proses penginjeksian gas-gas CO2 (karbon dioksida) ke dalam minuman sehingga memiliki penampilan gelembung-gelembung yang memberi kesan segar. Gelembung-gelembung CO2 tersebut juga memberi efek kepuasan yang sangat khas apabiladikonsumsi, yaitu rasa menggigit di lidah. Dalam bahasa sehari-hari, minuman ringan seringdisebut juga sebagai minuman bersoda. Kemasan minuman bersoda umumnya kaleng atau botol, baik botol gelas maupun botol polietilen. Pemilihan kemasan didasarkan pada kemampuan dalammencegah pelepasan CO2.

 

Karbonasi terjadi ketika gas CO2 terlarut secara sempurna dalam air. Proses ini akan menghasilkan sensasi karbonasi "Fizz" pada air berkarbonasi dan sparkling mineral water. Hal tersebut diikuti gengan raeksi keluarnya buih (foaming) pada minuman soda yang tidak lain adalah proses pelepasan kandungan CO2 terlarut di dalam air.

 

Umumnya Kaleng digunakan sebagai wadah minuman  berkarbonasi, kaleng adalah suatu wadah logam yang dirancang untuk menampung bagian cairan tetap seperti minuman ringan minuman berkarbonasi, minuman beralkohol, jus buah, teh, teh herbal, minuman energi, dll. Kaleng minuman terbuat dari aluminium (75% produksi dunia) atau baja berlapis timah (25% produksi dunia). Produksi seluruh dunia untuk semua kaleng minuman sekitar 370 miliar kaleng per tahun.

 

Wadah tersebut sangat berpengaruh pada isi produk. Bahan atau produk pangan bila tidak dikemas dapat mengalami kerusakan akibat seranggamaupun mikroba (bakteri, kapang dan khamir). Kerusakan bias terjadi mulai dari bahan pangansebelum dipanen, setelah dipanen, selama penyimpanan, pada saat transportasi dan distribusimaupun selama penjualan. Pengemasan menjadi hal penting karena akan memudahkan kegiatantransportasi dan penyimpanan.


Tak terlepas dari itu semua, semua kemasan kaleng atau botol untuk kemasan minuman berkarbonasi harus di uji terlebih dulu, dengan alat Container Gas Permeability Tester, alat ini untuk menguji wadah minuman sebagai standarisasi produksi kepada masyarakat luas. 

Gas permeability tester bisa pengujian  berupa udara, oksigen, nitrogen, dan karbon dioksida, dan wadah yang dapat diuji mencakup berbagai botol minuman berkarbonasi, jus, teh, serta paket minyak nabati, produk susu, persediaan cuci dan wadah logam.


G2/130 Container Gas Permeability Tester  salah satu produk terbaik yangkami tawarkan kepada Anda

ox2-231.jpg

Feature

 

  • GTR dari seluruh wadah berongga untuk gas berbeda (udara, O2, CO2, dan N2) tersedia

  • Desain dan metode uji yang dipatenkan secara efektif memecahkan masalah yang melibatkan uji kontainer
     

  • 3 sel uji tersedia, dan nilai rata-rata tiga spesimen dapat diperoleh pada satu operasi

  • Baik wadah dalam maupun luar wadah uji dievakuasi untuk memastikan data pengujian yang akurat dan efektif

  • Sistem yang dikendalikan oleh komputer dan proses uji otomatis

  • Perangkat lunak operasi profesional mengintegrasikan operasi cerdas dengan analisis data multi fungsi

  • Dilengkapi dengan port RS232 untuk transfer data yang mudah

  • Mendukung Sistem Sharing Data Lab LystemTM untuk pengelolaan hasil tes dan laporan pengujian yang seragam



Produk Terkait dengan artikel Pengujian Botol Minuman Berkarbonasi