Home  |   Contact Us
Jual-Preparat-50-Jenis-Bakteri-Slide-Mikroskop-Surabaya-Jawa-Timur.jpg

Macam-Macam Preparat untuk Mikroskop

 

Preparat adalah Salah satu aksesoris atau spareparts dari Mikroskop yang berfungsi sebagai wadah untuk menaruh bagian atau sel makhluk hidup yang tidak dapat terlihat oleh mata.

 

 

Macam-Macam Jenis Preparat:

  1. Preparat awetan/kering adalah sebuah objek yang sudah diawetkan dan preparat awetan dapat digunakan berkali-kali.
  2. Preparat segar/basah adalah sebuah preparat objek Biologi yang dibuat dari objek langsung, dan tidak diawetkan.Biasanya preparat basah ini digunakan untuk kegiatan pengamatan sekali pakai.

 

Fungsi mikroskop adalah mengamati benda – benda kecil karena mikroskop dapat memperbesar bayangan benda dari 10 kali hingga jutaan kali lipat dengan menggunakan jenis – jenis mikroskop seperti mikroskop cahaya maupun mikroskop elektron.

 

Tujuan dari pewarnaan adalah untuk memudahkan melihat bakteri dengan mikroskop, memperjelas ukuran dan bentuk bakteri, untuk melihat struktur luar dan struktur dalam bakteri seperti dinding sel dan vakuola, menghasilkan sifat-sifat fisik dan kimia yang khas daripada bakteri dengan zat warna, serta meningkatkan kontras mikroorganisme dengan sekitarnya.

 

Langkah-langkah dalam penyiapan preparat basah sebagai berikut:

  1. Pastikan keadaan aseptis terjaga meliputi tempat kerja, tangan, dan peralatan.
  2. Teteskan gliserol 10% pada preparat/glass slide (gelas objek). Gliserol berguna untuk memberi nutrisi pada biakan murni dan mencegah terjadinya lisis sel karena gliserol bersifat isotonik, sehingga tidak mempengaruhi permeabilitas sel. Gliserol dapat digantikan dengan cairan lain.
  3. Ose dipijarkan pada api bunsen dan ambil satu ose pada biakan murni dan goreskan pada tetesan gliserol di gelas objek.
  4. Tutup gelas objek dengan gelap penutup. Usahakan tidak ada gelembung yang muncul.
  5. Amati di bawah mikroskop dengan perbesaran lemah (100x) untuk pengamatan awal yang bertujuan untuk melokalisir objek yang diinginkan.

 

Proses Pembuatan Preparat Kering Sebagai Berikut:

  1. fiksasi
  2. pencucian
  3. dehidrasi
  4. penjernihan
  5. embeding dan pengeblokan
  6. pewarnaan
  7. terakhir di tutup, dengan gelas penutup kemudian keringkan.



Produk Terkait dengan artikel Macam-Macam Preparat untuk Mikroskop