Home  |   Contact Us
250_250_Product_62.jpg

Fungsi Autoclave

 

 

Pernahkah Anda berkunjung ke rumah sakit?


Atau pernahkan Anda melihat proses operasi?

 

Pasti Anda sering menjumpai berbagai macam alat kedokteran seperti jarum suntik, stetoskop, pisau bedah dll. Berbagai peralatan medis tersebut pasti mengandung kuman dan bakteri setelah digunakan apalagi harus hinggap di tubuh pasien yang berbeda – beda setiap harinya. Oleh karena itu peralatan tersebut harus dijaga kebersihannya. Cara membersikan alat tersebut pun harus benar dan terliti.

 

Lalu bagaimanakah peralatan yang digunakan berulang kali tersebut dicuci atau disterilkan?


Ternyata ada suatu alat khusus yang digunakan untuk mensterilkan peralatan rumah sakit yaitu  Autoclave.

 

Autoclave adalah alat laboratorium yang berfungsi sebagai alat sterilisasi dengan cara basah yang mengunakan uap air jenuh bertekanan tinggi. Autoclave dapat mengatur temperature yang umumnya digunakan di atas 100C  menjadi  650C. Prose sterilisasi dengan autoclave adalah sterilisasi yang paling baik, jika dibandingkan dengan cara-cara sterilisasi yang lainnya. Autoclave dibuat dari bahan konstruksi yang cukup kuat sehingga mampu menahan tekanan yang tinggi dan aman bagi pemakaiannya.

 

Digunakan untuk sterilasasi media pembiakan, bahan-bahan atau alat yang tidak rusak karena pemanasan dan tekanan tinggi, dan untuk destruksi media pembiakan. bahkan Autoclave juga digunakan dalam mikrobiologi, tato, tindik, ilmu kedokteran hewan, mikologi, kedokteran gigi, perawatan kaki dan fabrikasi prosthetics. Modelnya bervariasi dalam ukuran dan fungsi tergantung pada media yang akan disterilkan.

 

Ada tiga jenis Autoclave yang umumnya digunakan


1. Gravity Displacemnet Autoclave

Pembeda antara jenis peralatan pada Autoclave terletak pada proses pengeluaran udara dari dalan Autoclave saat proses sterilisasi. Untuk Autoclave jenis ini memanfaatkan mssa uap air yang ringa lalu dibandingkan dengan udara. Proses ini udara  terletak dibawah uap air dengan memasukkan uap air dari atas Autoclave sehingga udara tertekan ke bawahdan keluar melalui saluran bawah Autoclave kemudian suhu meningkata dan terjadilah sterilisai. Autoclave model ini bisa bekerja sampai suhu 121-134˚ dan dalam waktu 10-30 menit lamanya.

 

2. Prevacuum atau High Vacuum Autoclave

Autoclave jenis ini bekerja dengan proses pengeluaran udara slama 8 – 10 menit. Dengan dilengkapi alat tambahan berupa pompayang mnengevakuasi hamper semua udara dari dalam Autoclave dan membuat keadaan vacuum tercipta lalu uap dimasukkan ke dalam Autoclave . Akibatnya , uap akan segera melapisi seluruh permukaan benda, lalu suhu mengkat drastic dan terjadilah proses  sterilisasi. Proses ini terjadi  pada suhu 132-135 ˚ dalam waktu 3-4 menit.

 

3. Steam-flush Pressure-Pulse Autoclave

Jenis ini bekerja menggunakan aliran uap dan dorongan tekanan di atas tekanan pada atmosfer secara berulang – ulang. Waktu aterilisasinya terantung pada benda yang akan di sterilisasi.

 

Cara kerja Autoclave

  1. Periksa volume air dalam Autoclave, pastikan tinggi air pada batas yang sudah ditentukan. Lebih baik menggunakan air hasil destilasi, untuk menghindari adanya kerat atau karat.
  2. Masukkan peralatan atau bahan, pastikan semua bagian alat peralatan terkenan air, khususnya botol dengan tutup , buka tutupnya agara air bisa masuk.
  3. Tutup Autoclave dengan rapat dan kencang agar uap tidak keluar. Klep bagian pengaman Autoclave  jangan dikencangkan dahulu.
  4. Nyalakan Auotclave, kemudian atur timer minimal 15 menit dengan suhu 121 ˚ C.
  5. Tunggu air mendidih untuk menciptakan uap yang memenuhi kompartemen Auto clave dan terdesak keluar dari klep pengaman. Kencangkan klep pengaman sampai selesai . Waktu 15 menit dihitung mulai dari tekanan mencapai 2 atm.
  6. Saat alarm berbunyi tanda selesai, tunggu tekanan dalam kompartemen turun sehingga tekanannya sama dengan udara dilingkungan (angka 0)
  7. Angkat isi Autoclave dengan hati – hati.

 

Salah satu jenis Autoclave terbaik yang kami tawarkan kepada Anda Autloclave All American 75 EX

 

Autloclave All American 75 EX


Product_62.jpg

Sterilizer ALL-AMERICAN® listrik adalah unit lengkap dan mandiri dengan elemen pemanas perendaman, kontrol termostatik otomatis, katup pelepas otomatis, dan lampu pilot. Ini terhubung ke outlet manapun, siap digunakan seketika, dan memastikan sterilisasi yang lengkap dan efisien.

Fitur

• Kapasitas 64% lebih besar dibandingkan dengan 25X

• Operasi 120 atau 240 volt

• Elemen pemanas 1650 watt untuk pengoperasian lebih cepat

• Termokopel TPK yang lebih akurat, lampu senter dan lampu pilot

• 60 menit timer bel mekanis• Kapasitas 41 qt / 39 liter ekstra besar

• Operasional pada 50Hz atau 60Hz

• Elemen pemanas perendaman kaleng

• Kabel ground dan kabel 3 kawat untuk keamanan

• Basis dukungan opsional mengangkat alat sterilisasi listrik di atas meja atau permukaan meja untuk mencegah kerusakan panas

• UL disetujui

• Garansi satu tahun

• Unit termasuk wadah dalam aluminium dengan rak

• Bantalan stainless steel interior

• Dibuat di USA.

• Pangkalan pendukung opsional mengangkat alat sterilisasi listrik untuk mencegah panas yang hebat dari permukaan kontra atau permukaan yang merusak.





Produk Terkait dengan artikel Fungsi Autoclave