Home  |   Contact Us
HH_S6_Digital_Six_opening_Laboratory_Water_Bath_634579875476917622_1.jpg

Penggunaan Water Bath

 

Apa itu Water Bath?


Water Bath adalah alat yang berisi air dan digunakan untuk mempertahankan suhu air pada kondisi suhu tertentu selama selang waktu yang ditentukan. Pada saat dingin atau proses mensterilisasi steker dihidupkan, atur suhu (temperatur) yang diinginkan. Pengaturan harus dilakukan dengan pembacaan thermostat yang tepat(bila tersedia), atau sesuai dengan aturan suatu sistem pengawasan suhu/panduannya.

 

Sebagai sumber energinya Water bath menggunakan daya listrik yang rendah sehingga sangat ekonomis dan efisien dalam pemakaiannya. Secara sederhana Water Bath menggunakan pemanas untuk air dan dipanaskan dengan api ataupun dengan listrik atau uap dari air.

 

 Bagian-bagian water bath :

  1. Pengatur suhu
  2. pengaman kedudukan tinggi air
  3. penangas air bisa dilengkapi motor penggerak sehingga dapat berfungsi sebagai alat pengocok
  4. elemen pemanas dengan listrik
  5. tangas uap mempunyai satu hingga enam buah lubang untuk menaruh/meletakkan benda yang akan diuapkan

 

Cara Pemakaian Water Bath :


1. Menghidupkan alat pertama kali

Saat waterbath dihidupkan untuk pertama kali, harus dalam pengawasan secara terus menerus sampai kondisi stabil sudah dicapai.

 

2. Menghidupkan waterbath

Kabel koneksi listrik harus ditempatkan jauh dari permukaan panas. Pengisian air harus sesuai dengan tanda maksimum dan minimum level air. Tangki air bisa dikosongkan melalui katup drain. Air yang panas harus didinginkan dahulu sebelum proses pengosongan.cairan bisa langsung dikosongkan ke container atau menggunakan selang penghubung yang sesuai.

 

3. Menghidupkan alat

Bak pemanas dihidupkan dengan cara menekan tombol control push/turn (posisi ON). Pengaturan suhu dan lama pemanasan dengan tombol SET

 

4. Mengatur parameter

Parameter bisa diatur dengan memutar kontro push/turn. Parameter yang dipilih akan menyala pada layar display yang kemudian dapat dirubah dengan memutar control push/turn sambil menekan tombol SET

Bila control diputar dengan cepat, maka set point akan naik dalam jangka yang panjang. Dengan putaran yang pelan, temperatur akan berubah dalam tahapan satuan.

Saat tobol SET dilepas maka nilai setting suhu yang baru sudah tersimpan. Putaran lain dari control push/turn akan memilih parameter selanjutnya.

Rotasi pada tombol kontrol push/turn dapat memilih beberapa parameter dibawah:

  • 1. Temperatur set point
  • 2. Delayed switch-on
  • 3. Hold time of the setpoint temperatur

 

5. Setpoint temperatur

  • Bak pemanas akan segera melakukan pemanasan setelah setting temperatur. Suhu pengaturan dari 10 0C sampai 95 0C.
  • Putar tombol control push/turn sampai muncul 0C menyala pada layar. Set point temperatur diatur dengan menekan tombol SET sambil memutar tombol push/turn.
  • Setelah melepas tombol SET, temperatur yang ditentukan akan berkedip sesaat pada display. Display kembali ke temperatur aktual dan pengontrol akan mulai memanaskan ke temperatur yang diinginkan. Selama pemanasan simbol pemanas akan menyala.

 

6. Delayed switch –on

  • Parameter ini mengatur agar bak pemanas memulai pemanasan ke temperatur yang ditentukan setelah waktu pada switch-on delay (waktu tunda) sudah berakhir.
  • Putar tombol control push/turn sampai muncul simbol delay dan simbol jam menyala pada display.
  • Lama durasi penundaan bisa diatur menggunakan tombol SET ditekan sambil memutar tombol push/turn. Setelah melepas tombol SET, waktu delay yang ditentukan akan berkedip sesaat pada display.
  • Waktu tunda akan aktif dan pada layar monitor akan menunjukkan antara hitungan mundur waktu dan temperatur aktual.
  • Jika tidak diperlukan pengaturan waktu penundaan, maka pengaturan waktu tunda pada posisi “OFF”

 

7. Hold time pada setpoint temperatur

  • Putar tombol push/turn sampai simbol „hold time‟ menyala
  • Tekan SET sambil memutar tombol pus/turn untuk menentukan lama durasi pemanasan.
  • Lepas tombol SET setelah pengaturan selesai.



Produk Terkait dengan artikel Penggunaan Water Bath