Home  |   Contact Us
250x250_11442915833588ea7873fdfb.jpg

Moisture Meter

 

Apa pengaruhnya kelembaban terhadap suatu benda?


Air sangat berpengaruh pada kehidupan akan tetapi Air merupakan unsure yang mempengaruhi suhu dan kelembaban. Pengaruh kelembaban ini juga berdampak pada sifat fisik suatu benda , sifat fisik ini yang merubah beberapa struktur material yang akan berpengaruh pada maksimalitas, efektifitas fungsi atau kualitas suatu benda tersebut , bahkan beberapa material keras seperti kayu dan kertas  bisa lapuk atau berubah bentuknyaKaren kelembaban air yang berlebihan pada material itu. Untuk memaksimalkan fungsi dari material – material tersebut maka kita harus tau kandungan air/kelemababan yang terkandung di dalamnya, maka digunakanlah moistur meter sebagai alat ukur untuk menentukan kandungan kadar air.

 

Moisture meter digunakan untuk mengukur presentase air dalam suatu zat atau materi, hal ini berguna sebagai penentu apakah bahan tersimpan dan dikemas dengan rapi, tiba – tiba basah atau kering atau membutuhkan tindakan lanjutan terhadap kadar air.

 

Lalu bagaimana dengan cara kerja Moisture Meter ini?

Ada beberapa cara kerja yang dapat dilakukan untuk mengukur jumlah kandungan air yang terkandung dalam suatu zat, diantaranya yaitu :

 

 Termogravimetri

Cara ini dilakukan dengan beberapa tahap yakni penimbangan, pengovenan, dan pendinginan hingga diperoleh berat yang konstan.Nilai dari kandungan air yang ditentukan dapat dilihat dari selisih berat sebelum pemanasan dan sesudahnya.

Konduktometri

Nah cara inilah yang dilakukan oleh alat Moisture Meter, yaitu dengan cara elektrik. Teknik pengukuran konduktometri didasarkan pada konduktivitas dan hantaran listrik. Kadar air akan berbanding linear terhadap kapasitas listrik yang anda ukur.Hantaran Listrik tersebut akan terdeteksi oleh alat yang dinamakan detect.




Produk Terkait dengan artikel Moisture Meter