Home  |   Contact Us
127745_BB_00_FB.EPS_1000_.jpg

Penjelasan tentang pH Meter

PH Meter,Water Quality Checker,Ph Spear,Ph Tester,Humidity Meter,Thermohygrometer,Do Meter,Oven Binder

 

Disini kami akan menjelaksan tentang pH Meter, sebelum mengetahui pH meter itu apa, jadi kita akan menjelaskan pH terlebih dahulu. pH adalah suatu alat yang menggukur tingkat keasaman atau kebasa-an pada suatu benda dengan menggunakan skala pH dari 0 hingga 14. Sifat asam memiliki pH dari 0 hingga 7, sedangkan sifat basa memiliki pH dari 7 hingga 14. Contoh nya seperti, air jeruk dan air aki yang memiliki asam ph 0 samapai 7, air laut dan cairan pemutih memiliki basa pH dari 7 hingga 14. Air memiliki kenetralan pada pH 7.

 

Kita sudah mengetahui apa itu pH, sekarang kita akan mengetahui apa itu pH meter? pH meter adalah suatu alat yang mengukur suatu keasaman dan kebasaan pada suatu benda yang dimiliki. Keasaman pada sebuah larutan yang dimiliki kadar ion hidrogen atau (+H), atau sebagai pH yang artrinya –log(H+). Ph juga bisa dikatakan sebagai alat ukur kekuatan asam. pH pada suatu larutan yang dilontarkan dengan cara lain seperti dengan jalan menitrasi larutan dengan asam dan indikator atau yang lebih teliti lagi dengan pH meter.

 

Pengukuran ph asam dan basa air minum bekerja secara digital, air minum bisa dikatakan asam apabila pH dibawah 7, dan apabila air minum dikatakan basa (alkalin)  apabila pH yang dimiliki diatas 7. Jika apabila air minum memiliki sifat kandungan asam dan basa yang seimbang (netral) maka pH tersebut di angka 7, Air minum yang sesuai atau ideal menurut Departemen Kesehatan RI berkisar/diantar 6,5 hingga 8,5 pH.

 

Cara kerja alat ini dengan mencelupkan kedalam air yang akan di uji (dengan berkisar antara 5 cm), dengan sendirinya alat tersebut akan mengukur secara otomatis. Pada saat saat pertama dicelubkan, alat tersebut masih berubah berubah ukuran, maka daripada itu alat tersebut dicelupkan berkisar antara 2 hingga 3 menit sampai alat digital tersebut hingga stabil untuk mengukurnya.

 

Alat ini tidak hanya digunakan untuk mengukur air saja, akan tetapi alat ini digunakan untuk mengukur tanah yang sudah bercampur air, supaya tanah tersebut mudah untuk diukur pH yang dimiliki dalam kadungan asam atau basa. Dalam campuran tanah dan air tidak hanya ukuran yang biasa, akan tetapi harus mengikuti aturan yang berlaku dengan nisbah 1:1 atau 1:2,5 atau 1:5. Dengan adanya tipe keasaman aktif atau keasaman actual disebabkan karena ada ion (H+) dalam larutan tanah. Keasaman ini ditulis dengan ukuran pH (H2O). Sebagai contoh keasaman (pH) tanah yang diukur dengan ukuran nisbah tanah: air 1 : 2,5 (10 g tanah dilarutkan dengan 25 ml air) dan ditulis dengan pH2,5(H2O).




Produk Terkait dengan artikel Penjelasan tentang pH Meter